Adu Spek Mesin Kia Sonet dan MG ZS Facelift, Mana Lebih Unggul?

Kompas.com - 12/10/2021, 16:21 WIB
Review KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnya Kompas.com / Setyo AdiReview KIA Sonet ke luar kota. LSUV terbaru ini menawarkan beragam fitur yang bersaing di kelasnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mobil di segmen sport utility vehicle (SUV) sudah banyak pilihannya di Indonesia.

Dari sejumlah mobil yang ditawarkan, ada dua mobil SUV kompak murah yang patut menjadi pertimbangan, yakni Kia Sonet dan MG ZS Facelift.

Kedua mobil ini sama-sama bertarung di kelas SUV kompak, dengan kapasitas mesin yang sama yakni 1.500 cc.

Namun selisih harga yang ditawarkan untuk kedua mobil terbilang cukup jauh. Untuk Kia Sonet dibanderol dengan harga mulai Rp 193 juta untuk tipe terendah, sedangkan untuk tipe premiere atau paling tinggi Rp 289 juta.

Adapun MG ZS dibanderol dengan harga mulai Rp 269,8 juta untuk tipe Active atau tipe terendah, sementara untuk tipe Magnify dibanderol dengan harga Rp 309,8 juta.

Baca juga: Apakah Pelek dan Ban Mobil yang Dicuri Bisa Ditanggung Asuransi?

Sekarang mari kita bahas soal dapur pacunya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Soal urusan perfoma, Kia Sonet menggunakan mesin bensin Gamma II DOHC, Dual CVVT berkubikasi 1.497 cc. Pengemudi bisa menikmati enam mode berkendara yang ditawarkan Sonet melalui sistem transmisi 8 percepatan Intelligent Variable Transmission (IVT).

Di atas kertas, dapur pacu Kia Sonet mampu memuntahkan tenaga 115 ps atau 113 tk pada 6.300 rpm dengan torsi puncak mencapai 144 Nm.

Detail MG ZS varian IgniteKompas.com/Donny Detail MG ZS varian Ignite

Adapun MG ZS mengusung mesin dengan kapasitas yang sama, yakni 4-silinder 1.498 cc dengan kode 15S4C yang dikawinkan dengan tranmsisi CVT 8 percepatan.

Dengan kapasitas mesin tersebut, MG ZS mampu memuntahkan tenaga sebesar 112 tk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 150 Nm pada 4.500 rpm.

Namun, soal kapasitas tangki bahan bakar, MG ZS sedikit lebih unggul, yakni memiliki kapasitas tangki sebesar 48 liter. Sementara, Kia Sonet memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 45 liter.

Baca juga: Curhat Kru Rossi yang Telah Bekerja Bersama 18 Tahun

Kesimpulan

Artinya, untuk sektor perfoma baik Kia Sonet maupun MG ZS tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hanya saja MG ZS memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.