Marak Pencurian Pelek dan Ban Mobil, Lakukan Ini untuk Mencegahnya

Kompas.com - 12/10/2021, 12:42 WIB
Pelek mobil flow forming Foto: IstimewaPelek mobil flow forming

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencurian pelek dan ban pada saat mobil diparkir semakin marak. Belum lama ini mobil LCGC yang sedang diparkirkan juga kehilangan keempat ban dan pelek.

Sebelumnya juga sempat beredar video mobil Toyota Rush dan Mitsibishi Xpander yang mengalami kejadian serupa. Untuk itu pemilik mobil wajib waspada dengan kejadian ini agar nantinya tidak menjadi korban pencurian pelek dan ban mobil.

Baca juga: Terjadi Lagi Pencurian Ban dan Pelek, Empat Ban Hilang Tak Bersisa

Menanggapi hal ini, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, pemilik mobil juga harus berhati-hati pada saat memarkirkan mobilnya.

Selain itu, didi juga menyarankan tindakan preventif yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil untuk menghindari pencurian pelek dan ban.

"Ya kalau cara pencegahannya menurut saya kan biasanya baut oda itu ada kalau ngga empat, lima, atau enam. Nah itu biasanya ada yang jual yang satu itu unik. Baut itu hanya dapat dibuka dengan kunci khusus, nah itu bisa dipasang di tiap roda," kata Didi kepada Kompas.com Selasa (12/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

(ilustrasi) Penggunaan pelek mobil non-standar harus disesuaikan dengan gaya berkendara.Donny Apriliananda (ilustrasi) Penggunaan pelek mobil non-standar harus disesuaikan dengan gaya berkendara.

Didi mengatakan cukup satu baut untuk satu ban bisa mencegah terjadinya pencurian pelek karena untuk membukanya harus menggunakan kunci khusus.

Perlu diingat juga untuk menyimpan kunci khusus tersebut juga harap berhati-hati. Simpan bersamaan dengan kunci ban yang ada di mobil agar tidak hilang atau lupa saat menaruhnya.

Baca juga: Taktik Kecil Marc Marquez Agar Kembali Kencang

Didi juga menambahkan, tindakan pencurian pelek memang suatu hal yang dikerjakan dengan hati hati, sehingga untuk pencegahan dengan penggunaan alarm kurang efektif.

"Kan ada alarm yang menggunakan sensor suara, ada juga yang menggunakan sensor getar. Kalau tindakan itu dilakukan dengan hati-hati ya alarm yang sensor getar ngga bunyi," ucap dia.

Selain memasang baut khusus, Didi juga menyarankan untuk memilih lokasi parkir yang aman. Terutama pada saat parkir mobil dan harus menginap.

 

Pelek custom dari HSR WheelHSR Wheel Pelek custom dari HSR Wheel

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.