Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Adu Spek Mesin Kia Sonet dan MG ZS Facelift, Mana Lebih Unggul?

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mobil di segmen sport utility vehicle (SUV) sudah banyak pilihannya di Indonesia.

Dari sejumlah mobil yang ditawarkan, ada dua mobil SUV kompak murah yang patut menjadi pertimbangan, yakni Kia Sonet dan MG ZS Facelift.

Kedua mobil ini sama-sama bertarung di kelas SUV kompak, dengan kapasitas mesin yang sama yakni 1.500 cc.

Namun selisih harga yang ditawarkan untuk kedua mobil terbilang cukup jauh. Untuk Kia Sonet dibanderol dengan harga mulai Rp 193 juta untuk tipe terendah, sedangkan untuk tipe premiere atau paling tinggi Rp 289 juta.

Adapun MG ZS dibanderol dengan harga mulai Rp 269,8 juta untuk tipe Active atau tipe terendah, sementara untuk tipe Magnify dibanderol dengan harga Rp 309,8 juta.

Sekarang mari kita bahas soal dapur pacunya.

Soal urusan perfoma, Kia Sonet menggunakan mesin bensin Gamma II DOHC, Dual CVVT berkubikasi 1.497 cc. Pengemudi bisa menikmati enam mode berkendara yang ditawarkan Sonet melalui sistem transmisi 8 percepatan Intelligent Variable Transmission (IVT).

Di atas kertas, dapur pacu Kia Sonet mampu memuntahkan tenaga 115 ps atau 113 tk pada 6.300 rpm dengan torsi puncak mencapai 144 Nm.

Adapun MG ZS mengusung mesin dengan kapasitas yang sama, yakni 4-silinder 1.498 cc dengan kode 15S4C yang dikawinkan dengan tranmsisi CVT 8 percepatan.

Dengan kapasitas mesin tersebut, MG ZS mampu memuntahkan tenaga sebesar 112 tk pada 6.000 rpm dan torsi puncak 150 Nm pada 4.500 rpm.

Namun, soal kapasitas tangki bahan bakar, MG ZS sedikit lebih unggul, yakni memiliki kapasitas tangki sebesar 48 liter. Sementara, Kia Sonet memiliki kapasitas tangki bahan bakar sebesar 45 liter.

Kesimpulan

Artinya, untuk sektor perfoma baik Kia Sonet maupun MG ZS tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hanya saja MG ZS memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/12/162100115/adu-spek-mesin-kia-sonet-dan-mg-zs-facelift-mana-lebih-unggul-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke