BPKB Rusak, Begini Syarat dan Biaya Bikin Baru

Kompas.com - 12/10/2021, 15:12 WIB
Pajak progresif dikenakan bagi dua kendaraan atau lebih dengan nama pemilik di STNK dan BPKB yang sama. Dok. SamsatPajak progresif dikenakan bagi dua kendaraan atau lebih dengan nama pemilik di STNK dan BPKB yang sama.

JAKARTA, KOMPAS.com - Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) merupakan dokumen yang membuktikan kepemilikan kendaraan bermotor. Jadi jika kendaraan diregistrasi secara resmi, buktinya bisa dilihat dari BPKBnya.

Berbeda dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang sering dibawa saat berkendara, BPKB biasanya disimpan di rumah atau di tempat yang aman. Bahkan BPKB juga bisa dijadikan jaminan saat pinjam-meminjam berdasar kepercayaan yang ada di dalam masyarakat.

Ketika menyimpan BPKB di rumah, bisa saja ada kejadian apes yang menimpa, seperti banjir, kebakaran, atau dimakan rayap sehingga merusak BPKB. Jika sudah rusak, sebaiknya BPKB langsung dibuat baru saja.

Baca juga: Taktik Kecil Marc Marquez Agar Kembali Kencang

Buku BPKB dan STNKKOMPAS.com/SRI LESTARI Buku BPKB dan STNK

Untuk persyaratan membuat BPKB baru karena rusak, sudah diatur pada Peraturan Polri Nomor 7 Tahun 2021, Pasal 32 Ayat 1. Syarat pertama adalah dengan mengisi formulir permohonan.

Selain itu, pemohon juga melampirkan tanda bukti identitas yang sah, untuk perorangan bisa dengan KTP asli dan fotokopi. Bagi yang berhalangan melampirkan surat kuasa bermaterai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lampirkan juga BPKB yang rusak, tanda bukti pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), STNK, dan Hasil cek Fisik Ranmor.

Baca juga: Belajar dari Peristiwa Sedan Terbakar di Tol JORR, Jangan Panik

Untuk biayanya, tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Pemilik kendaraan akan dikenakan biaya penerbitan BPKB baru sebesar Rp 225.000 untuk kendaraan roda dua dan tiga dan Rp 375.000 untuk BPKB roda empat atau lebih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.