Kucing Menyebrang di Tol, Tabrak atau Rem Mendadak?

Kompas.com - 25/09/2021, 09:22 WIB
Kucing melintas di jalan tol instagram.com/dashcam_owners_indonesiaKucing melintas di jalan tol

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan mobil berwarna hitam melakukan pengereman mendadak di ruas jalan tol lantaran menghindari seekor kucing.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia. Dalam rekaman tersebut terlihat mobil berwarna hitam yang sedang melaju tiba-tiba berhenti mendadak untuk menghindari seekor kucing.

Sontak mobil yang tepat berada di belakangnya langsung banting setir ke kanan jalan tol. Beruntung tidak ada kendaraan lain di belakang mobil tersebut sehingga tidak sampai terjadi kecelakaan.

Baca juga: Kata Pol Espargaro Usai Tes Prototipe Motor Balap Honda RC-V 2022

“Mohon pencerahannya kalau di situasi seperti ini, mengingat bahayanya tabrakan beruntun di karenakan mengurangi kecepatan atau berpindah jalur yang terlalu mendadak,” tulis keterangan video unggahn tersebut.

Menanggapi hal ini, Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, ada banyak pengemudi yang reflek ketika ada binatang melintas di depannya. Tidak sedikit dari mereka yang menghindar, padahal harus lebih spesifik lagi jenis binatangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Apabila kecil seperti anjing atau kucing, tidak apa-apa jika ditabrak, karena menghindar justru bisa membuat kondisi kendaraan hilang kendali dan mengurangi risiko lebih fatal seperti kejadian tersebut,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sebuah mobil menghindari kucing yang melintasinstagram.com/dashcam_owners_indonesia Sebuah mobil menghindari kucing yang melintas

Namun, menurut Sony, manuver harus dibarengi dengan mengurangi kecepatan sebelumnya dan pastikan objek tersebut posisinya ada di kolong mobil bukan dilindas ban.

“Gagal antisipasi menghindar akibat kecepatan kendaraan terlalu tinggi sering terjadi akibat pengemudi kurang berhitung. Banyak yang tidak memikirkan hal terburuk adanya objek yang ada di jalan raya, berbeda cerita kalau kecepatannya rendah, antisipasi bisa terkontrol,” kata dia.

Selain itu, ada mitos yang beredar di dunia otomotif. Konon, melindas atau menabrak kucing bisa membuat celaka pengendara yang menabraknya. Jika tidak ingin celaka, pengendara tersebut harus mengubur kucing yang mati ditabraknya menggunakan baju yang sedang digunakannya saat itu.

Oleh sebab itu, tidak sedikit pengemudi mobil yang lebih memilih untuk menghindar ketika ada kucing melintas di jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.