Rahasia Yamaha Diagnosa Penyakit Motor Injeksi

Kompas.com - 24/09/2021, 19:21 WIB
Yamaha Diagnostic Tools di bengkel resmi Yamaha Foto: YamahaYamaha Diagnostic Tools di bengkel resmi Yamaha
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bengkel resmi merupakan ujung tombak layanan purna jual. Untuk mempercepat proses servis, bengkel Yamaha menggunakan program Yamaha Diagnostic Tools (YDT).

YDT dibuat khusus untuk mendukung perawatan sepeda motor injeksi Yamaha. Lewat YDT mekanik segera tahu masalah yang terjadi di motor konsumen, sehingga kendala cepat ditangani.

Baca juga: Cuaca Panas dan Hujan Tak Menentu, Jangan Lupa Cek Air Wiper

Riyadi, Manager After Sales CS Division, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan YDT diciptakan sebab saat ini perkembangan teknologi motor makin canggih dan punya banyak sensor.

Yamaha Diagnostic Tools di bengkel resmi YamahaFoto: Yamaha Yamaha Diagnostic Tools di bengkel resmi Yamaha

“Perkembangan teknologi sepeda motor semakin canggih, dan dilengkapi dengan berbagai macam sensor. Hal ini tentunya mempengaruhi cara perawatan dan pengecekan motor. Jika dulu menggunakan sistem pengecekan manual, kini Yamaha menggunakan perangkat digital YDT dan komputer untuk mendukung perawatan sepeda motor injeksi Yamaha menjadi lebih cepat dan akurat,” kata Riyadi dalam rilis resmi, Jumat (24/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contohnya saat ini kata Riyadi, motor Yamaha dengan teknologi Blue Core memiliki beberapa sensor yang yang akan memberikan informasi ke ECU (Electronic Control Unit).

Sensor tersebut diantaranya Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Temperature Sensor (IATS), Intake Air Pressure Sensor (IAPS), Crankshaft Position Sensor (CPS), O2 Sensor, hingga Engine Temperature Sensor.

Bengkel Yamaha Miki Motor Duren SawitGhulam/Otomania Bengkel Yamaha Miki Motor Duren Sawit

"Agar kondisi sepeda motor tetap optimal, sensor tersebut wajib diperiksa kondisi-nya menggunakan YDT," katanya.

Baca juga: Momen Jack Miller Jadi Mata-mata, Sebut RC213V Makin Mirip Desmosedici

Adapun penjelasan YDT adalah alat untuk mendiagnosa fungsi setiap sensor, troubleshooting, pencatatan riwayat kerusakan, hingga pemrograman ulang ECU.

YDT menjadi alat ukur spesifik yang disambungkan ke komputer untuk mengecek kondisi sepeda motor yang sudah memiliki banyak sensor, khususnya pada sistem FI.

Kelebihan YDT di bengkel resmi:

1. Memberikan notifikasi malfungsi pada sepeda motor
2. Mempercepat analisa saat troubleshooting karena jika ada kerusakan atau setelan yang tidak sesuai akan langsung tampil di layar komputer
3. Memberikan penjelasan yang mudah dipahami dan jelas kepada konsumen mengenai kondisi sebelum dan sesudah servis
4. Mendapatkan hasil diagnostic dengan lebih cepat dan akurat
5. Menyimpan seluruh data riwayat servis, sehingga konsumen dapat melakukan pengecekan sistem injeksi di seluruh jaringan bengkel resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.