Kompas.com - 02/08/2021, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudikan kendaraan merupakan pekerjaan yang sangat berat. Bahkan mengemudi juga bisa dibilang berbahaya, mengingat banyaknya risiko kecelakaan di jalan raya, bahkan saat sepi.

Misalnya seperti video yang diunggah akun Dashcam Owners Indonesia di Instagram. Mobil perekam sedang berjalan di jalanan yang sepi, namun di depannya ada truk dari arah berlawanan sedang menyalip.

Beruntung pengemudi bisa mengurangi kecepatannya sehingga tidak bertabrakan dengan truk. Truk juga tidak memberikan tanda seperti lampu sein sebagai bentuk komunikasi dengan mobil perekam.

Baca juga: Pengemudi Cerdas, Tidak Rem Mendadak Saat Ban Pecah

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Melihat kejadian seperti ini, Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre mengatakan, pengemudi harus mempersiapkan apa yang tidak diduga di jalan raya. Oleh karena itu, harus punya pandangan yang jauh ke depan.

“Selain itu benar-benar waspada saat mengemudi. Sehingga selalu siap menghadapi setiap kondisi dan situasi,” ucap Marcell kepada Kompas.com, Minggu (1/8/2021).

Marcell memberikan beberapa tips agar menjaga pandangan yang jauh ke depan saat mengemudi. Lihat ke area yang paling jauh yang bisa dilihat, sehingga pengemudi punya waktu untuk mengantisipasi kalau ada yang membahayakan di depan.

Baca juga: Melihat Bus RANS Cilegon FC, Hasil Repaint Bus Juragan 99

“Selain itu, pengemudi harus berpikir hal-hal terburuk yang bisa terjadi. Misalnya bagaimana kalau kendaraan di depan tiba-tiba menyalip dengan ceroboh, apakah kita punya waktu dan ruang untuk menghindar?” kata Marcell.

Dengan memiliki pikiran tadi, pengemudi jadi lebih siap dan sigap menghadapi apa segala kemungkinan yang ada di depannya. Sehingga, pengemudi punya langkah untuk melakukan antisipasi saat ada keadaan yang berbahaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.