Cerita Valentino Rossi Pertama Kali Tes Motor Honda di GP500

Kompas.com - 02/08/2021, 11:02 WIB
Honda NSR500 membuat Rossi terkesan sejak hari pertama Foto: Motoport-Total.com/Phillip Island 2000Honda NSR500 membuat Rossi terkesan sejak hari pertama


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini banyak pihak yang menunggu keputusan Valentino Rossi mengenai masa depannya di MotoGP. Apakah dia akan pensiun atau terus balapan setahun lagi.

Di tengah teka-teki tersebut Rossi kembali mengingat awal karirnya di kelas premier pada tahun 2000. Bukan di kelas MotoGP tapi saat itu masih Grand Prix alias GP500.

“Saya masih ingat tes pertama saya dengan sangat baik. Itu di Jerez pada November 1999,” kata Rossi kepada Sky Sport Italia dikutip dari Motorsport-Total.com, Minggu (1/8/2021).

Baca juga: Perbandingan Konsumsi BBM SUV Murah Toyota Rush dan Toyota Raize

Sebagai rookie 500cc, Rossi mengambil alih kru Mick Doohan, termasuk Jeremy BurgessFoto: Motorsport-Total.com Sebagai rookie 500cc, Rossi mengambil alih kru Mick Doohan, termasuk Jeremy Burgess

“Saya baru saja memenangkan gelar 250cc bersama Aprilia dan di HRC saya mengharapkan kedatangan banyak mobil dan orang dari Honda," kata Rossi.

Alih-alih disambut banyak kru Rossi justru tercengang karena ditemui oleh dua orang mekanik yang membawa Honda NSR500 menggunakan mobil sewaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jeremy Burgess datang dengan Bernard, seorang mekanik dari Belgia yang masih bekerja untuk saya sampai sekarang. Mereka mengenakan pakaian biasa, tetapi mereka benar-benar menggunakan sweater yang buruk dan celana jins yang ketat," kata Rossi.

"Mereka membawa Honda 500cc dengan van sewaan," kata Rossi.

Baca juga: Berapa Rata-rata Biaya Turun Mesin di Bengkel Resmi?

Valentino RossiFoto: Motorsport-Total.com Valentino Rossi

"Keesokan harinya saya mencoba motor untuk pertama kalinya dan itu adalah perasaan yang tak terlupakan," kata Rossi.

"Itu benar-benar motor yang sangat brutal dan cepat. Jalan lurus saja sangat sulit karena treknya tiba-tiba terlihat jauh lebih sempit daripada di 250cc,” ucapnya.

Pebalap asal Italia itu mengatakan, saat tes hari pertama dirinya tak bisa mengimbangi tenaga motor yang buas. Baru pada hari kedua catatan waktunya mulai membaik.

Baca juga: Pastikan Saldo Cukup, Tarif Tol Gempol-Pasuruan Naik Mulai Hari Ini

Rossi merayakan kemenangan pertamanya di GP500 di Donington pada musim panas 2000Foto: Motorsport-Total.com Rossi merayakan kemenangan pertamanya di GP500 di Donington pada musim panas 2000

Setelah lebih dari 25 tahun berkecimpung di dunia balap motor, The Doctor mengatakan dia lebih terkesan saat tes pertama naik motor 500cc 2-tak ketimbang motor MotoGP 4-tak.

“Saya menganggap diri saya beruntung karena saya adalah pebalap yang tahu kelas 500 dan MotoGP," katanya.

"Tetapi saya harus mengatakan bahwa saya jauh lebih terkesan pada tes 500cc pertama saya saat itu di Jerez daripada tes MotoGP pertama saya dengan Honda RC211V," ungkap Rossi.

Rossi debut di GP500 pada 19 Maret 2000 di Welkom, di GP Afrika Selatan. Adapun kemenangan GP500 pertamanya diraih di Donington Park pada musim yang sama.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.