Masih Sesuai Jadwal, Penggolongan SIM C Tinggal Tunggu Pengesahan

Kompas.com - 02/08/2021, 07:02 WIB
Cara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM  polri.go.idCara dan prosedur membuat SIM lama dan Smart SIM

JAKARTA, KOMPAS.com - Persiapan penggolongan Surat Izin Mengemudi (SIM) sepeda motor atau SIM C, yang bakal dibagi tiga jenis, rupanya sudah tahap final.

Kasi Standar Pengemudi Ditregident Korlantas Polri AKBP Arief Budiman mengatakan, sejauh ini pelaksanaannya masih sesuai jadwal, yakni Agustus 2021 ini.

"Masih sesuai traget di awal, kita implementasikan Agustus ini. Dari kesiapan sudah selesai, namun memang masih ada satu tahapan lagi ya," ujar Arief saat dihubungi Kompas.com, Minggu (1/8/2021).

Baca juga: Ujian Praktik SIM C untuk Moge Bakal Berbeda Mulai Bulan Depan

Menurut Arief, masing-masing Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas), pada dasarnya sudah siap melakukan penggolongan SIM C.

Hanya saja, saat ini masih menunggu pengesahan Peraturan Kakorlantas (Perkakor) mengenai teknis SOP penerbitannya.

Pelatihan moge di Safety Riding Wahana CenterFoto: Wahana Pelatihan moge di Safety Riding Wahana Center

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perkakor tersebut menurut Arief juga menjadi turunan dari Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 5 tahun 2021.

"Jadi Perkakor itu sudah disusun, tinggal menunggu pengesahannya saja. Cuma memang kita sedikit terhambat lantaran PPKM karena prosesenya perlu ada harmonisasi untuk uji materil," kata Arief.

Walau demikian, Arif meyakinkan kesiapan penggolongan SIM C, CI, CII, sepenuhnya sudah tinggal berjalan. Pihaknya juga sampai saat ini aktif melakukan sosialisasi.

Baca juga: Sudah Bulan Agustus, Pemilik Skutik Ini Harus Siap-siap Punya SIM CI

Paling tidak, bila memang ada keterlambatan atau pergeseran jadwal pelaksanan, tidak perlu terlalu lama karena tak berkaitan dengan masalah teknis.

Kartu RFID yang digunakan untuk pengujian SIM MotorDok. Satpas SIM Daan Mogot Kartu RFID yang digunakan untuk pengujian SIM Motor

"Kita belum tahu, apakah dipertengahan bulan, akhir, atau lebih. Tapi yang pasti sebelum nanti diterapkan akan ada informasinya lebih dulu," ujar Arief.

"Sekarang tinggal menunggu saja, masyarakat yang mau naik sudah bisa persiapan juga, karena nanti untuk CI itu sistemnya bukan perpanjang, tapi seperti bikin SIM baru, ada pengujiannya," kata dia.

Penggolongan SIM C sendiri dilakukan berdasarkan kubikasi dari motor. Mulai dari SIM C untuk motor berkapasitas maksimal 250 cc, CI untuk 250 cc sampai 500 cc, dan CII untuk motor di atas 500 cc atau moge.

Baca juga: Dispensasi buat Masa Berlaku SIM yang Habis Selama PPKM Level 4

Pelatihan Safety Riding WahanaFoto: Istimewa Pelatihan Safety Riding Wahana

Syarat untuk naik ke CI, pemohon SIM harus berusia 18 tahun dan telah memiliki SIM C selama satu tahun. Demikian juga untuk SIM CII, pemohon wajib memiliki SIM CI satu tahun dan usia minimal 19 tahun.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Tarif Resmi Perpanjangan SIM A dan SIM C



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.