Knalpot Motor Tiba-tiba Berasap Tebal, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 02/08/2021, 11:42 WIB
Knalpot ngebul Foto: MotorplusKnalpot ngebul

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepulan asap yang terlalu banyak alias ngebul yang dikeluarkan dari knalpot motor seringkali membuat tidak nyaman, baik bagi diri sendiri maupun untuk pengendara lain.

Asap tersebut bisa disebabkan oleh adanya gangguan di dalam komponen mesin, utamanya pada proses pembakaran.

Untuk ukuran motor 4 tak, kebulan asap bisa terjadi di semua jenis motor, baik bebek, skutik, maupun sport.

Kepala Mekanik Bengkel AHASS Depok Syamsuddin mengatakan, ada dua penyebab kepulan asap tebal pada knalpot. Pertama akibat bahan bakar, kedua karena oli.

Baca juga: Kapan Mobil Harus Turun Mesin?

“Kalau mengepul karena bahan bakar, asapnya hitam, pembakaran akan lebih boros. Tapi kalau putih yang terbakar cenderung oli,” ujar Syamsuddin saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Menurut Syamsuddin, kepulan asap berwarna hitam cenderung terjadi pada motor dengan sistem pembakaran yang menggunakan karburator. Namun, kondisi seperti ini sangat jarang terjadi pada motor injeksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Itulah sebabnya seiring dengan semakin banyaknya peredaran motor injeksi, kasus knalpot mengepul pada motor sudah jarang ditemui.

Ilustrasi knalpot motorStanly/Otomania Ilustrasi knalpot motor

“Untuk kasus kepulan asap knalpot dari motor karburator biasanya terjadi karena memang ada kerusakan atau karena salah penyetelan. Karena masih mengandalkan penyetelan manual, motor karburator berpotensi menimbulkan asap hitam jika mekanik salah melakukan penanganan,” kata dia.

Baca juga: Perbandingan Konsumsi BBM SUV Murah Toyota Rush dan Toyota Raize

Kondisi ini berbeda dengan motor injeksi yang penyetelannya sudah dibantu sistem komputerisasi sehingga potensi salah penanganan bisa diminimalkan. Kalaupun motor injeksi mengeluarkan asap, biasanya berwarna putih yang disebabkan dua kerusakan pada salah satu komponen.

“Kalau karbu nyetelnya tidak bagus, asap akan ngebul hitam. Kalau injeksi tidak akan mengepul hitam, paling tidak ngepul putih. Kalau seperti itu biasanya piston yang rusak,” ucap Syamsuddin.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.