Kompas.com - 19/07/2021, 15:21 WIB
Yamaha Tmax Dok. 2banh.vnYamaha Tmax

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pabrikan sekarang ini gencar mengembangkan motor ramah lingkungan. Yamaha juga tak mau ketinggalan dan dikabarkan sedang mengembangkan Tmax Hybrid.

Dikutip dari 2banh.vn, Senin (19/7/2021), Yamaha sudah mengajukan paten desain dari sistem hibrida. Sistem tersebut diprediksi akan disematkan pada skutik bongsor, seperti Tmax.

Baca juga: Yamaha Rilis Tmax 20th Anniversary Edition, Cuma 560 Unit

Namun, sistem hybrid sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru bagi Yamaha. Sebab, sebelumnya sudah meluncur juga Grand Filano versi hybrid di Thailand dan Vietnam.

Paten Yamaha Tmax dengan sistem hybridDok. 2banh.vn Paten Yamaha Tmax dengan sistem hybrid

Sistem hybrid digunakan untuk meningkatkan akselerasi kendaraan dan mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Menurut paten yang diajukan, skema yang digunakan tak jauh berbeda seperti Grand Filano.

Perbedaannya hanyalah gambar yang digunakan adalah skutik maxi. Detailnya menjelaskan bahwa mesin konvensional digunakan untuk memberikan tenaga pada baterai dari motor listriknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Yamaha Indonesia Recall Tmax, Ada Masalah Front Stop Switch

Dengan begitu, sistem hybrid ini memiliki keunggulan tersendiri, yaitu mesin konvensionalnya hanya akan aktif pada putaran mesin tertentu. Sehingga, emisi dapat diatur secara drastis. Sistem hybrid ini dapat mengurangi emisi dan meningkatkan performa mesin.

Paten Yamaha Tmax dengan sistem hybridDok. 2banh.vn Paten Yamaha Tmax dengan sistem hybrid

Menurut spekulasi yang beredar, Yamaha tertarik untuk mengembangkan sistem hybrid pada skutik maxi, seperti Yamaha Tmax, yang sekarang ini dibekali dengan mesin 560 cc.

Tapi, satu hal yang menjadi catatan adalah bobotnya. Sekarang ini, Tmax memiliki bobot mencapai 220 kg. Dengan tambahan sistem hybrid, tentunya bobot motor akan bertambah beberapa kilogram.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.