Ketimbang Cairan Disinfektan, Sabun Bayi Lebih Aman untuk Interior Mobil

Kompas.com - 19/07/2021, 13:58 WIB
Ilustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteri SHUTTERSTOCKIlustrasi membersihkan mobil untuk menghalau virus dan bakteri

JAKARTA, KOMPAS.com - Melonjaknya kasus penyebaran virus Covid-19 membuat pemilik kendaraan harus lebih rajin membersihkan interior mobil. Sebab, beberapa komponen pada kabin mobil bisa menjadi penyebaran virus tersebut.

Komponen itu seperti setir, gagang pintu, dasbor, handle rem tangan, tuas lampu sein dan wiper, serta tuas transmisi bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri ataupun virus.

Beberapa pemilik kendaraan bisa mengambil langkah praktis dengan menyemprotkan disinfektan untuk membersihkannya.

Baca juga: Holden Premier HQ, Bergaya Bak Mobil Nascar Jadul

Edy, pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara mengatakan, hal tersebut lumrah saja tapi sebetulnya ada cairan yang lebih aman untuk membersihkan interior. Sebab, disinfektan mengandung alkohol yang dapat merusak lapisan kulit pada interior mobil kesayangan.

Tampilan interior mobil BMW terbaru yang dipamerkan pada BMW Exhibition di Plaza Senayan Atrium, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2020). BMW Indonesia kembali adakan exhibiton selama 3 hari pada 20-22 November, dan memperkenalkan tiga unit BMW terbaru yang dipamerkan, yaitu New BMW M135i xDrive, New BMW M235i xDrive Gran Coupe dan New BMW M2 CS.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Tampilan interior mobil BMW terbaru yang dipamerkan pada BMW Exhibition di Plaza Senayan Atrium, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2020). BMW Indonesia kembali adakan exhibiton selama 3 hari pada 20-22 November, dan memperkenalkan tiga unit BMW terbaru yang dipamerkan, yaitu New BMW M135i xDrive, New BMW M235i xDrive Gran Coupe dan New BMW M2 CS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sebetulnya cara yang ideal harus menggunakan pembersih khusus interior. Tapi bagi Anda yang ingin melakukannya di rumah sendiri, bisa pakai campuran air dan sabun bayi, karena sabun bayi punya PH yang seimbang, serta tidak merusak kulit di interior mobil,” ucap Edy belum lama ini kepada Kompas.com.

Cara ini terbilang ampuh membuat kabin mobil jadi lebih bersih, terutama dari bakteri dan virus.

Selain itu, Edy menambahkan, membersihkan interior dengan sabun bayi juga tidak akan membuat hasil akhir interior menjadi mengkilap.

Baca juga: Amankah Menyemprotkan Cairan Disinfektan pada Bodi Mobil?

“Penggunaan sabun bayi ini juga untuk menjaga anak-anak aman saat tiba-tiba masuk mobil, sementara bagian interior mobil baru saja dibersihkan,” kata dia.

Untuk membuat pembersih dari bahan sabun bayi caranya cukup mudah, yakni dengan memotong kecil-kecil kemudian diblender setelah itu dicampur menggunakan air.

“Penggunaannya cukup dilap-lap saja pada jok, panel, doortrim dan bagian interior kulit lainnya,” ucap Edy.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X