Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha NMAX Terbaru, Hasil Perpaduan TMAX dan XMAX

Kompas.com - 02/12/2019, 16:12 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tesmi merilis generasi baru dari NMAX, Senin (2/12/2019). Skutik bongsor ini hadir dengan sejumlah perubahan, mulai dari tampilan, fitur, sampai mesin.

President Director YIMM Minoru Morimoto mengatakan, NMAX baru hadi sebagai jawaban yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh konsumen di Indonesia.

"Ini perpaduan TMAX dan XMAX dan sudah memiliki banyak fitur baru serta mesin baru," ucap Morimoto di JIEXpo Kemayoran, Senin (2/12/2019).

Urusan fitur, All New NMAX sudah dilengkapi dengan lampu depan LED yang diklaim mengikuti DNA Max Series. Bagian belakangnya juga berubah total, sementara fitur terkini yang digunakan adalah smart key, charging dan lampu hazard.

Baca juga: Yamaha Luncurkan 3 Motor Baru, NMAX, XSR 155 dan WR 155 R

Speedometer digital juga sudah terintegrasi dengan fitur koneksi Yamaha-Connect berbasis Bluetooth. Teknologi ini disebut Communication Control Unit (CCU) yang memungkinkan pemilik berinteraksi dengan NMAX melalu ponsel pintar.

All New Yamaha NMAXStanly Ravel/Kompas.com All New Yamaha NMAX

Tekologi CCU memiliki lima fungsi utama. Mulai dari parking location yang disimpan diaplikasi Y-Connect agar pemilk mudah untuk mengingat lokasi parkirnya.

Lalu phone and message notification yang bisa terlihat di speedometer sebagai informasi ke pengendara.

Fungsi ketiga adalah membantu pengguna menghetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai serta memberikan rekomendasi untuk perawatan.

Baca juga: Kenali Mesin Yamaha NMAX Berisik

Informasi mengenai kondisi bahan bakar juga bisa terlihat dari ponsel serta fitur ini mampu memberikan informasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.

Untuk urusan mesin, Yamaha membenamkan mesin berkubikasi 155 cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 11.3 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 13.9 Nm pada 6.500 rpm.

All New Yamaha NMAXStanly Ravel/Kompas.com All New Yamaha NMAX

Mesin ini juga sudah didukung dengan teknologi Smart Motor Generator (SMG) yang membuat motor menjadi lebih halus ketika dinyalakan.

Tak hanya itu, Yamaha juga melengkapi DNA Max Series pada Nmax baru dengan menambahkan fitur Traction Control System (TCS). Fitur dirancang untuk mengurangi risiko ban belakang selip di segala situasi jalan saat berakselerasi.

Baca juga: Ingin Beli NMAX Seken, Kenali Penyakitnya

Untuk harga, Dyonisius Beti selaku Executive Vice President PT YIMM, menjelaskan bila harga masih menunggu keputusan lantaran modelnya untuk 2020.

"Harga Yamaha All New NMAX masih belum diputuskan. Karena ini model 2020 nanti akan kita fixed. Ditambah pajak BBNKB Jakarta juga masih naik lagi. Tapi kisarannya Rp 30 jutaan," ucap Dionysius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com