Bahas Honda DN-01, Salah Satu Moge yang Gagal di Pasar

Kompas.com - 26/06/2021, 09:02 WIB
Honda DN-01 Dok. MCNHonda DN-01

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda pernah membuat satu motor gede (moge) yang dilihat dari bentuknya cukup unik, yakni DN-01. Motor dengan gaya cruiser ini sepintas seperti motor sport, tapi rasannya seperti skutik.

Honda DN-01 pertama kali diperkenalkan pada Tokyo Motor Show 2005. Motor ini pertama kali dipasarkan di Jepang dan Eropa pada 2008, lalu Amerika pada 2009.

Baca juga: Selisik Fitur Motor Cruiser Keeway V250 Fi

Tampang depan mirip dengan motor sport. Desain bodinya tajam dan terlihat agresif. Tapi, posisi berkendaranya seperti motor cruiser. Lalu, sistem transmisinya otomatis seperti skutik.

Honda DN-01Dok. MCN Honda DN-01

Motor ini awalnya sempat menarik perhatian. Sayangnya, usia produksinya hanya sampai 2010 saja. Menurut beberapa sumber, banyak konsumen yang komplain mengenai posisi berkendaranya yang tidak ergonomis. Khususnya, saat motor ini digunakan untuk berkendara jarak jauh.

Bagian depannya yang tanpa windshield juga dinilai kurang memberikan perlindungan saat melaju kencang. Sehingga, pengendara harus memegang setang lebih kencang karena badan diterpa angin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Honda DN-01Dok. MCN Honda DN-01

Selain itu, tidak ada bagasi atau tempat penyimpanan apa pun. Kekurangan lainnya adalah daya angkutnya hanya 147 kg. Sehingga, akan overload jika berboncengan.

Baca juga: Komparasi Moge Cruiser, Honda Rebel Vs Benelli 502C

Untuk dapur pacunya, DN-01 dibekali mesin V-twin, SOHC, berpendingin cairan, dan berkapasitas 680 cc. Sistem pembakarannya sudah injeksi.

Honda DN-01Dok. MCN Honda DN-01

Tenaga yang dihasilkan mencapai 45,6 tk pada 7.300 rpm dan 64 Nm pada 5.000 rpm. Kecepatan maksimumnya diklaim dapat tembus 182 km/jam.

Mesinnya dipadukan dengan sistem transmisi otomatis yang dinamakan Human Friendly Transmission (HFL). Distribusi tenaganya halus dan suaranya juga cukup senyap.

Honda DN-01Dok. MCN Honda DN-01

Uniknya, di setang sebelah kanan, terdapat saklar yang dapat mengganti gigi N (neutral) dan gigi D (drive), seperti di mobil.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Kunci Manual Juga Punya Immobilizer

Honda DN-01Dok. MCN Honda DN-01

Kekurangan lainnya ada di kapasitas tangki bensinnya yang hanya 15,3 liter. Meskipun sudah injeksi dan konsumsi bahan bakarnya diklaim 25 km/liter, tapi kurang sesuai dengan gayanya yang cruiser.

Honda DN-01Dok. MCN Honda DN-01

Dengan harganya yang mahal dan segala kekurangannya, Honda DN-01 ini bahkan sempat menjadi bahan ejekan para diler. Nama DN-01 dijadikan plesetan dengan "Do Not Own One". Sebab, motor ini bisa mejeng di diler sampai bertahun-tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.