Banyak yang Belum Tahu, Kunci Manual Juga Punya Immobilizer

Kompas.com - 25/06/2021, 15:12 WIB
Kunci mobil Suzuki Carry terbaru sudah menggunakan fitur immobilizer KompasOtomotif - AFHKunci mobil Suzuki Carry terbaru sudah menggunakan fitur immobilizer

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini fitur-fitur keamanan pada mobil keluaran baru semakin beragam. Bukan hanya sistem alarm, salah satu yang banyak dipakai adalah kunci dengan immobilizer.

Immobilizer ini jauh berbeda dengan kunci standar. Pasalnya, kunci ini sudah dirancang dengan sistem enkripsi elektronik sehingga tingkat keamanannya jauh lebih tinggi.

Tapi perlu dipahami, tidak semua mobil memiliki fitur immobilizer, seperti yang dikatakan oleh Raymond Lie, pemilik Komandan Key.

Baca juga: Ini Penyebab Smart Key pada Mobil Bermasalah dan Cara Mengatasinya

“Kunci immobilizer sebenarnya tidak hanya terdapat di smart key, banyak mobil tipe lama yang masih menggunakan kunci manual tetapi sudah memiliki fitur immobilizer,” ujar Raymond kepada Kompas.com di Jakarta beberapa waktu lalu.

duplikasi kunci immobilizerKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda duplikasi kunci immobilizer

Raymond memberi contoh untuk kunci mobil Honda Brio atau Mobilio.      

“Meskipun menggunakan kunci manual, tetapi kedua jenis mobil tersebut sudah memiliki fitur immobilizer. Bedanya dengan smart key itu menggunakna proximity, jadi bisa digerakan dari jarak jauh dan menggunakan sensor. Perbedaannya hanya itu saja,” ucapnya.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Pemilik Mobil jika Kunci Immobilizer Hilang?

Raymond menambahkan untuk orang awam pasti akan sulit mengetahui mana kunci manual yang sudah menggunakan immobilizer atau belum, karena chip pengaman tertanam dan menggunakan software.

“Informasi ini biasanya hanya bisa dipastikan dengan bertanya kepada diler saat membeli mobil baru,” kata dia.    

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.