Dovi Kembali Bantu Aprilia Kembangkan RS-GP

Kompas.com - 26/06/2021, 08:42 WIB
Andrea Dovizioso saat sesi tes bersama Aprilia di Sirkuit Misano, Italia Dok. Callo AlbaneseAndrea Dovizioso saat sesi tes bersama Aprilia di Sirkuit Misano, Italia

JAKARTA, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso kembali membantu Aprilia dalam mengembangkan motor balap RS-GP. Sesi tes kali ini digelar di Sirkuit Misano, Italia.

Setelah sebelumnya sesi tes dilakukan di Jerez (Spanyol) dan Mugello (Italia), Aprilia mencoba mengumpulkan data lebih banyak bersama Dovi di Misano.

Sesi tes di Misano berjalan dengan sangat ideal. Cuaca cerah menemani sepanjang sesi tes yang digelar dua hari.

Baca juga: Dua Kali Tes Aprilia RS-GP, Dovi Belum Bisa Banyak Berkomentar

Sesi tes pertama di Jerez, belum maksimal karena Dovi belum nyaman di atas motor. Dia pun menuntut ergonomi motor diubah untuk sesi tes berikutnya.

Andrea Dovizioso saat sesi tes bersama Aprilia di Sirkuit Misano, ItaliaDok. Callo Albanese Andrea Dovizioso saat sesi tes bersama Aprilia di Sirkuit Misano, Italia

Di Mugello, sayangnya cuaca berkehendak lain. Hujan gerimis menghambat jalannya sesi tes.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Misano, Dovi melakukan 78 lap pada hari pertama dan 48 lap pada hari kedua. Sesi tes ini mulai fokus pada banyak komponen, seperti aerodinamika, elektronik, dan motor secara keseluruhan. Selain itu, Dovi juga disebut sempat menguji beberapa sasis yang berbeda.

"Ini sesi tes yang menarik. Sesi tes dengan tiga sirkuit berbeda sangatlah penting untuk memahami motor lebih baik dan melihat area mana yang membutuhkan peningkatan," ujar Dovi, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (26/6/2021).

Baca juga: Daftar Tim MotoGP 2022, Aprilia dan Suzuki Tanpa Tim Satelit

Dovi menambahkan, dirinya telah mengetes dan mengganti banyak hal karena ingin memahami banyak detail dengan lebih baik. Semua bagian diperhatikan dengan sangat baik dan mengidentifikasi bagian mana yang akan ditingkatkan.

Andrea Dovizioso saat sesi tes bersama Aprilia di Sirkuit Misano, ItaliaDok. Callo Albanese Andrea Dovizioso saat sesi tes bersama Aprilia di Sirkuit Misano, Italia

"Di sisi lain, ubahan tertentu akan mengakibatkan kerugian tertentu. Dalam sesi tes berikutnya yang sudah direncanakan, kami akan melakukan banyak perbandingan dan mendiskusikan ide kami lebih intens," kata Dovi.

CEO Aprila Racing Massimo Rivola, mengatakan, dua hari sesi tes tersebut sangat positif. Dirinya pun sangat puas dengan hasil yang didapat.

"Andrea sangat terlihat dalam semua determinasi yang kami buat untuk motor kami untuk 2022. Ini adalah tugas yang akan Andrea lanjutkan pada Juli nanti," ujar Rivola.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.