Pastikan Saldo Cukup, Tarif Tol Semarang-Solo Naik Mulai Minggu

Kompas.com - 26/06/2021, 08:02 WIB
Suasana di Resta Pendopo yang berada di Tol Semarang-Solo KM456 KOMPAS.com/Dian Ade PermanaSuasana di Resta Pendopo yang berada di Tol Semarang-Solo KM456

SOLO, KOMPAS.com - Informasi mengenai kenaikan tarif Tol Semarang-Solo sudah diumumkan sejak beberapa hari yang lalu. Namun, pada awal diumumkannya ubahan tarif tersebut tidak dicantumkan kapan tanggal pasti berlakunya.

Kini pemberlakuan tarif terbaru untuk jalan tol dengan total panjang 72,64 kilometer tersebut sudah mendapatkan tanggal pasti, mulai Minggu (27/6/2021).

Pemberlakuan tarif baru untuk Tol Semarang-Solo ini tertulis dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 752/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Jalan Tol Semarang-Solo.

Baca juga: Bukan karena Rossi, ini Alasan Ducati Mau Gandeng Tim VR46 di MotoGP

Dilansir dari Kompas.com, Denny Chandra Irawan selaku Direktur Utama PT TMJ mengatakan, penyesuaian tarif ini telah memperhitungkan penundaan penyesuaian tarif tol sebelumnya untuk tiga seksi di Jalan Tol Semarang-Solo pada 2019 dan 2020.

Ilustrasi Tarif tol Semarang Solo 2021. Tarif jalan tol Semarang-Solo terhitung Sabtu (16/4/2016) pukul 00.00 mengalami kenaikan rata-rata sebesar 10 persenKompas.com/Shutterstock Ilustrasi Tarif tol Semarang Solo 2021. Tarif jalan tol Semarang-Solo terhitung Sabtu (16/4/2016) pukul 00.00 mengalami kenaikan rata-rata sebesar 10 persen

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Selain memperhitungkan besaran laju inflasi daerah, penyesuaian tarif Jalan Tol Semarang-Solo kali ini memperhitungkan penundaan penyesuaian tarif untuk Seksi I Banyumanik-Ungaran dan Seksi II Ungaran-Bawen yang seharusnya terjadwal pada Juli 2020," ungkap Denny, Jumat (25/6/2021).

"Selain dua seksi tersebut, penundaan penyesuaian tarif juga berlaku untuk Seksi III Bawen-Salatiga yang seharusnya terjadwal pada September 2019,” katanya menambahkan.

Baca juga: Ini Tarif Terbaru Bus Damri Trayek Jabodetabek-Bandar Lampung

Sebelum pengumuman kenaikan tarif, PT TMJ telah melakukan berbagai peningkatan aspek keamanan dan kenyamanan pengguna tol. Contohnya seperti pembuatan marka speed reducer di titik Km 426+600 sampai Km 428+300 lajur 1 arah Semarang.

Selain itu, dilakukan penambahan gardu operasi di Gerbang Tol (GT) Banyumanik, gardu satelit di GT Ungaran, serta penambahan gardu reversible di GT Bawen dan GT Boyolali.

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Jumat (31/5/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Bawen-Salatiga menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-5 siang hari terpantau padat merayap.

Ada pula penambahan fasilitas Smart CCTV, pemasangan Variable Message Sign (VMS), pemasangan guardrail, roller barrier, hingga LED Chevron.

Baca juga: SUV Bekas di Bawah Rp 70 Juta di Bandung, Dapat Jimny sampai CR-V

Sebagai contoh, berikut besaran tarif Tol Semarang-Solo terbaru untuk kendaraan golongan I yang meliputi mobil jenis sedan, jip, pikap, dan bus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.