Sandiaga Uno Siapkan Aturan Turing Motor di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 26/06/2021, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh kegiatan turing yang dilakukan oleh komunitas sepeda motor, khususnya dalam mengangkat pariwisata Indonesia.

Hanya saja melakukan kegiatan serupa di tengah pandemi virus corona alias Covid-19, harus memenuhi beberapa aturan supaya selalu dalam keadaan baik dan tak membuat klaster baru.

Oleh karena itu, ia mengaku tengah menyiapkan aturan main untuk meningkatkan kenyaman dan keamanan peserta turing. Kini, dalam proses pengiriman untuk segera dipublikasikan ke komunitas.

Baca juga: Apakah Ban Mobil Jenis Run Flat Tires Bisa Ditambal?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat wawancara program Beginu bersama Pemimpin redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho di M Bloc Market, Kamis (15/4/2021).KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat wawancara program Beginu bersama Pemimpin redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho di M Bloc Market, Kamis (15/4/2021).

"Kami juga sudah ada kerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) melalui Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) yang kebetulan saya duduk sebagai pembina," kata Sandiaga dikutip Antara, Kamis (24/6/2021).

Kabar ini tentu angin segar bagi penggemar sepeda motor yang suka melakukan turing atau bergerombol menempuh perjalanan jauh.

Bahkan ia bersedia melepas perjalanan turing komunitas jika sudah sesuai dengan kebijkan atau protokol yang ditetapkan tersebut.

“Saya sudah berkomitken, jika ada turing sesuai dengan protokol kesehatan dan kebetulan waktunya cocok, akan saya lepas dari kantor Kemenparekraf. Sebagai salah satu upaya untuk memberikan semangat,” ujar dia.

Pada pertengahan Juni, Sandiaga melepas rombongan Touring Wonderful Ride Indonesia menuju Anyer, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu, (16/6/2021).

Dia berpesan kepada komunitas otomotif untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, Kelestarian Lingkungan).

Baca juga: Tips Siapkan Touring Motor Jarak Jauh Saat Pandemi

Touring motorFoto: Wahana Touring motor

Program Wonderful Ride Indonesia sendiri merupakan gerakan yang digagas oleh PWOI untuk mendorong pemberdayaan wisata berbasis otomotif di Indonesia.

Wisata berbasis otomotif ini sejalan dengan konsep yang jadi tren pariwisata saat ini, yakni disesuaikan (customize) dengan kebutuhan wisatawan secara spesifik.

Lalu mnjurus kepada kearifan lokal (localize), wisata yang dilakukan bersama dengan keluarga (personalize), dan dilakukan tidak berbondong-bondong atau dalam jumlah yang lebih sedikit (smaller size).

“Kegiatan ini tidak hanya untuk menggeliatkan perekonomian pariwisata saja. Tetapi juga meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata menggunakan kendaraan pribadi. Sekaligus mengkampanyekan wisata berkendara yang aman,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.