Pengusaha Truk Harus Sering Konsultasi dengan ATPM Soal Modifikasi

Kompas.com - 25/06/2021, 10:22 WIB
Truk trailer Isuzu DOK. IAMITruk trailer Isuzu

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi pada truk seperti memasang klakson telolet memang sering dilakukan. Namun sayangnya, instalasi klakson telolet yang sembarangan kerap membuat truk menjadi kecelakaan.

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan mengatakan, instalasi klakson telolet yang dilakukan sendiri kerap menjadi penyebab truk kehabisan udara yang ada di air tank.

“Instalasinya tidak mengikuti standar praktis industri. Materialnya salah, ikatan instalasinya juga, jadi kalau terlepas, udara di air tank keluar semua,” ucap Ahmad dalam diskusi online belum lama ini.

Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Denda Pajak Kendaraan di Jawa Barat

Akibat rem blong, truk kontainer sebabkan kecelakaan beruntun di Halim Akibat rem blong, truk kontainer sebabkan kecelakaan beruntun di Halim

Lalu jika tetap mau memasang klakson telolet, Wildan menyarankan untuk meminta bantuan ATPM. Maka pabrikan truk tadi akan membuat akses untuk klakson tadi, selain itu kualitasnya juga sudah sesuai standar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bahas Interior Daihatsu Rocky 1.2L ADS dan 1.0L ASA

“Kalau bukan mereka (ATPM), bengkel-bengkel tadi tidak punya cukup pengetahuan soal kemampuan dan ketahanan dari modifikasi tersebut. Tapi balik lagi, kalau ATPMnya setuju untuk modifikasi,” kata Wildan.

Kalau misalnya tidak disetujui oleh ATPM, lebih baik urungkan niat untuk memasang klakson telolet. Bahaya dari instalasi klakson yang asal-asalan, yaitu udara di air tank jadi habis sehingga memengaruhi performa pengereman, bahkan bisa blong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.