Bahas Interior Daihatsu Rocky 1.2L ADS dan 1.0L ASA

Kompas.com - 24/06/2021, 09:22 WIB
Daihatsu Rocky ADS KOMPAS.COM/STANLY RAVELDaihatsu Rocky ADS

JAKARTA, KOMPAS.com – Daihatsu baru saja meluncurkan Rocky dengan varian mesin 1.2L. Hadirnya varian mesin 1.2L ini melengkapi varian Rocky 1.0L turbo yang lebih dulu hadir di Indonesia.

Kali ini Kompas.com akan melakukan komparasi antara dua tipe tertinggi dari masing-masing varian mesin. Untuk varian 1.2L ada tipe ADS CVT, sedangkan varian mesin 1.0L turbo ada CVT ASA.

ADS sendiri merupakan singkatan dari Astra Daihatsu Styling. Perbedaannya ada pada penambahan aksesori di bagian eksterior dan interior. Sedangkan ASA merupakan singkatan dari Advance Safety Assist, sebuah kumpulan perangkat keselamatan berkendara.

Baca juga: Ini Fungsi Paddle Shift pada Mobil Transmisi Matik

Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS

Untuk bagian interior, baik 1.2L ADS maupun ASA secara layout tidak begitu berbeda. Keduanya memiliki tampilan dasbor yang cukup menarik dan berfokus pada pengemudi atau driver oriented.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hanya ada beberapa detail yang membedakan antara tipe 1.2L ADS dengan ASA. Pertama soal bahan interior, untuk varian ASA, ada beberapa bagian yang sudah memakai bahan soft touch, seperti di bagian armrest pengemudi dan penumpan depan serta yang ada di tengah.

Sedangkan untuk tipe 1.2L ADS, semua bagian interior menggunakan bahan hard plastic. Selain bahan interior, ukuran dari head unit tipe 1.2L ADS lebih kecil, yakni hanya 7 inci, sedangkan untuk tipe ASA, menggunakan 9 inci.

Baca juga: Rosalia Indah, PO Bus dengan Kelas Armada Terbanyak

Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS

Komponen kecil lainnya yang berbeda yaitu adanya pengaturan tinggi bangku pada sisi pengemudi pada tipe ASA. Begitu juga ada tempat penyimpanan di bawah bangku penumpang depan untuk varian 1.0L turbo.

Sedangkan di tipe 1.2L ADS, bangku pengemudi hanya bisa diatur maju-mundur dan kerebahannya. Begitu juga di sisi bawah penumpang depan, tidak ada tempat penyimpanan seperti di tipe 1.0L ASA.

Namun untuk bagian lain seperti ada aksen merah di bagian dasbor dan bangku depan, baik tipe 1.2L ADS maupun 1.0 ASA tetap memilikinya. Namun untuk 1.2 ADS, ada subwoofer yang ditaruh di bagian bawah bangku pengemudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.