Kompas.com - 23/05/2021, 12:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comPenyekatan kendaraan saat arus balik libur Lebaran makin diperketat. Rapid test antigen belakangan jadi syarat wajib, terutama di transportasi penyeberangan.

Misalnya pemudik dari Sumatera hendak ke Jawa, penumpang tersebut harus dipastikan negatif Covid-19 agar tidak menularkan virus ke daerah lain.

"Jangan sampai ada yang lolos,” ujar Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, dalam keterangan tertulis (22/5/2021).

Baca juga: Cek Harga Toyota Avanza Bekas Tahun Tua di Akhir Mei 2021

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (tengah) saat meninjau tes rapid antigen di Km 34 B tol Jakarta-Cikampek, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (19/5/2021). Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau screening kesehatan untuk pemudik yang kembali ke wilayah Jakarta.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kanan) bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (tengah) saat meninjau tes rapid antigen di Km 34 B tol Jakarta-Cikampek, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (19/5/2021). Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau screening kesehatan untuk pemudik yang kembali ke wilayah Jakarta.

“Karena banyak cara yang mungkin dilakukan, kita harus melakukan kontrol dengan baik," kata dia.

Budi juga memprediksi bahwa akan terjadi lonjakan penumpang arus balik pada akhir pekan ini (Sabtu dan Minggu).

Oleh sebab itu, Kemenhub ingin memastikan bahwa pengecekan syarat perjalanan rapid antigen yang diwajibkan kepada penumpang, benar-benar intensif dilakukan.

Baca juga: Puncak Arus Balik Mudik Diprediksi Terjadi Mulai Malam Ini

Kepolisian Resor Bogor melaporkan, ada sebanyak 43,662 jenis kendaraan yang diperiksa petugas di delapan titik pos penyekatan jalur mudik 2021 Kabupaten Bogor, Jawa Barat.KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Kepolisian Resor Bogor melaporkan, ada sebanyak 43,662 jenis kendaraan yang diperiksa petugas di delapan titik pos penyekatan jalur mudik 2021 Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penangangan Covid-19 Doni Monardo, mengatakan, mandatory checking rapid antigen harus dilakukan secara optimal.

Ada perbedaan karakteristik, yakni di wilayah Jawa cenderung penurunan kasus aktif dan berkurangnya pasien di rumah sakit.

Sementara, di wilayah Sumatera, hampir seluruh provinsi mengalami sedikit kenaikan, dan banyak daerah yang masuk kategori zona oranye dan merah.

Baca juga: Ini Ciri Khusus Pelat Nomor Anggota DPR RI

Petugas Kepolisian Resor Purbalingga menggelar rapid tes antigen gratis bagi para penumpang bus di Terminal Purbalingga dan Bobotsari, Selasa (18/5/2021).KOMPAS.COM/Dok Humas Polres Purbalingga Petugas Kepolisian Resor Purbalingga menggelar rapid tes antigen gratis bagi para penumpang bus di Terminal Purbalingga dan Bobotsari, Selasa (18/5/2021).

“Kita harus kontrol dengan baik. Jangan sampai masyarakat yang terbukti positif, Covid-19 lalu lolos menyeberang dari Sumatera, maka akan menulari keluarga lainnya di Pulau Jawa" ucap Doni, pada kesempatan yang sama.

Untuk diketahui, di Lampung dan Bakauheni, tercatat ada tujuh titik pengecekan tes Rapid Antigen, yaitu di Pos Rest Area KM 172 B, Pos Rest Area KM 82 B, dan Pos Rest Area KM 20 B.

Kemudian juga di Pos Pelabuhan Bandar Bakau, Pos Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Pos Simpang Hatta, dan Begadang IV.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.