Ini Ciri Khusus Pelat Nomor Anggota DPR RI

Kompas.com - 22/05/2021, 13:02 WIB
Jeep Rubicon pakai pelat nomor khusus. Instagram @plat_dinas_officialJeep Rubicon pakai pelat nomor khusus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kini memiliki pelat nomor khusus untuk kendaraan mereka. Pelat nomor khusus ini akan berlaku untuk semua anggota DPR RI.

Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes M Taslim Chairuddin membenarkan adanya telegram sosialiasi pelat nomor itu.

Baca juga: Awas Salah, Ini Perbedaan Toyota Alphard dan Vellfire

“Surat telegram itu untuk menyosialisasikan kepada jajaran, Kapolda dan lainnya kalau ada aturan di DPR terkait nomor pelat,” kata Kombes Pol M Taslim Chairuddin dalam keterangan resmi, Jumat (21/5/2021).

Tujuan diberlakukannya pelat khusus bagia nggota DPR ini dimaksudkan agar kendaraan mudah dikenali saat berada di jalan. Selain itu, mobil yang menggunakan pelat nomor khusus ini juga akan mudah dipantau jika melakukan pelanggran di jalan raya.

Jeep Wrangler Rubicon yang menggunakan pelat nomor khusus DPRScreenshot Instagram @plat_dinas_official Jeep Wrangler Rubicon yang menggunakan pelat nomor khusus DPR

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pelat nomor khusus bagi anggota DPR tersebut tertuang dalam surat telegram dengan nomor STR/164/III/YAN/1.2/2021 tanggal 15 Maret 2021 yang ditandatangani oleh Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Istiono.

Adanya pelat nomor khusus tersebut merujuk pada penerbitan Peraturan Sekjen DPR RI Nomor 4 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penggunaan STNK dan TNKB Khusus Bagi Pimpinan dan Anggota DPR RI untuk memberikan identitas khusus dan pengamanan ranmor pimpinan dan Anggota DPR RI untuk kelancaran pelaksanaan giat konstitusional.

Baca juga: 3 Motor Honda yang Disuntik Mati karena Kurang Laku

Meskipun memiliki TNKB khusus, bukan berarti kendaraan yang menggunakan pelat khusus ini tidak bisa dikenakan tilang. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, semua pengguna jalan memiliki hak sama di mata hukum.

Semua kendaraan bisa ditilang jika melakukan pelanggaran berdasarkan kewenangannya masing-masing.

Dilansir dari NTMC Polri pada Sabtu (22/5/2021), ada beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh pelat nomor yang akan digunakan oleh DPR. Cirinya adalah memiliki logo DPR RI dalam TNKB tersebut.

Tangkapan layar pelat nomor kendaraan palsu yang viral di media sosial pada Rabu, (3/3/2021).Twitter: @Puspen_TNI Tangkapan layar pelat nomor kendaraan palsu yang viral di media sosial pada Rabu, (3/3/2021).

Pelat nomor yang digunakan akan terbagi menjadi dua bagian, di sebelah kiri ada logo DPR Ri kemudian bagian kanan dengan ruang yang lebih besar ada kolom nomor.

Kolom logo DPR dalam pelat nomor tersebut akan diberi warna dasar silver, sedangkan untuk kolom nomor akan diberi warna dasar hitam dengan warna nomor silver. Garir pinggir atau garis tepi pelat nomor tersebut juga akan diberi warna silver.

Baca juga: Begini Cara Menyalip Pakai Mobil Transmisi Matik

Nomor pelat tersebut akan diberikan kepada kendaraan bermotor yang telah teregister oleh Polri lewat Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) serta tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.