Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DFSK Gelora E, Jadi Momentum ke Era Kendaraan Elektrifikasi

Kompas.com - 23/04/2021, 16:11 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDFSK sudah membuka keran pemesanan untuk kendaraan listriknya, Gelora E di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021.

Ada dua varian yang ditawarkan, blind van dengan banderol Rp 480 juta sampai Rp 490 juta dan minibus diharga Rp 510 juta sampai Rp 520 juta.

Langkah DFSK meluncurkan kendaraan listrik model minibus maupun blind van untuk niaga bisa dikatakan unik.

Biasanya ATPM lain memperkenalkan mobil listrik dalam bentuk sedan atau SUV kompak, DFSK malah merilis dalam bentuk minibus dan blind van.

Lalu apa alasan DFSK memperkenalkan produk kendaraan listriknya lewat Gelora E?

Baca juga: Bus Baru PO ANS, Single Glass Gaya Eropa

DFSK Gelora EKOMPAS.com - Aditya Maulana DFSK Gelora E

Managing Director PT Sokonindo Automobile Franz Wang mengatakan, DFSK memiliki pemikiran jangan menunggu momen baru meluncurkan mobil listrik, melainkan DFSK yang menjadi momennya.

“Karena pemerintah sudah menyiapkan aturan, infrastruktur juga mulai ada untuk kendaraan listrik, dan kita ATPM kita siapkan model-modelnya, begitu juga konsumen yang mulai menggunakan mobil listrik,” ucap Franz Wang ketika ditemui di IIMS 2021, Rabu (21/4/2021).

Franz mengatakan, keempat poin tadi merupakan sebuah ekosistem. Kemudian dengan mulai meluncurkan kendaraan listrik, semua akan merasakan manfaatnya.

Baca juga: Berencana Mudik Sebelum 6 Mei 2021, Ini Aturannya

Untuk spesifikasinya, DFSK Gelora E menggunakan baterai dengan kapasitas 42 kWh. Dari baterai ini, diteruskan ke motor listrik yang menghasilkan tenaga 60 kW atau setara 80,46 TK dan torsi 200 Nm.

DFSK mengklaim kalau Gelora E bisa menempuh jarak 300 KM. Kemudian untuk pengisian baterai dengan menggunakan fitur fast charging untuk mengisi dari 20-80 persen cukup 80 menit, sedangkan untuk 0 - 100 persen hanya membutuhkan 2,5 jam waktu pengisian.

Sedangkan dimensinya, Gelora E baik varian blind van maupun minibus, memiliki panjang 4,5 m, lebar 1,68 m dan tinggi 2 m.

Untuk varian blind van memiliki luas kabin 4.800 liter, sedangkan minibus, tersedia model tujuh tempat duduk.

DFSK mulai buka pemesanan untuk mobil listrik Gelora EKompas.com/Donny DFSK mulai buka pemesanan untuk mobil listrik Gelora E

Peluang Gelora E

Franz Wang mengatakan, dengan menghadirkan varian blind van dan minibus, DFSK mengantisipasi kalau ada konsumen dari perusahaan yang tertarik dengan Gelora E, tentu saja dengan opsi pembelian fleet atau secara borongan.

“Tapi tentu saja, kami terbuka untuk segala jenis customer baik dari pribadi maupun perusahaan,” ucap Franz lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com