Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Performa dan Hitung Konsumsi BBM Pikap DFSK Super Cab

Kompas.com - 23/04/2021, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comDFSK Super Cab 1.500 bensin bisa dibilang bermain di pasar yang menantang. Saingan dari DFSK Super Cab ini diantaranya Daihatsu Gran Max PU dan Suzuki Carry.

Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk mencoba Super Cab 1.500 cc dengan mesin bensin pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021. Mari kita bahas sektor performa dari mesin bensin ini.

Untuk spesifikasi mesin, Super Cab 1.500 cc menggunakan mesin bensin empat silinder segaris yang sudah injeksi. Mesin dengak kode DK15 ini menghasilkan tenaga 102 PS atau 100,6 tk pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm di 4.000 rpm.

Baca juga: Cara Bikin Ribet Maling Sepeda Motor

Uji irit DFSK Super CabDOK. DFSK Uji irit DFSK Super Cab

Perlu menjadi catatan, ketika Kompas.com mencoba unit DFSK Super Cab 1.500 cc ini, bak belakang diisi dengan muatan satu ton semen. Selain itu, mobil yang digunakan bukanlah produk baru dari diler, melainkan kendaraan yang sudah beroperasi sebelumnya.

Ketika membawa pikap ini di jalan raya, untuk tarikan awal, memang tidak begitu berat. Setelah berjalan, memindahkan gigi juga mudah, ditambah pedal kopling yang ringan, menambah kenyamanan pengemudi.

Selain itu, untuk rute yang dilewati selama pengetesan yakni JIExpo Kemayoran - Jalan Tol Kemayoran – Tol Cengkareng 2 – Tol Benda Utama – Exit Tanah Tinggi dan kembali lagi ke JIExpo Kemayoran. Dalam perjalanan ini kira-kira ditempuh sejauh 75 KM.

Baca juga: Kolaborasi Toyota-Daihatsu Berlanjut, Raize dan Rocky Siap Meluncur

Untuk menghitung konsumsi bahan bakarnya, kami menggunakan metode full to full. Dengan perjalanan full tol, namun sempat salah jalan sedikit, kemudian melewati kemacetan ketika jalan kembali ke JIExpo, Kompas.com mendapatkan angka konsumsi bahan bakar 11,3 kpl.

Dengan angka konsumsi bahan bakar tersebut, Kompas.com berhasil menjadi peringkat ketiga dari lima peserta tes. Untuk yang paling irit, dengan bahan bakar Pertalite dan rute yang kurang lebih sama, Super Cab bisa mencatatkan angka 12,3 kpl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com