Jasa Marga Operasikan Gerbang Tol Sementara Akses Keluar Tol Cileunyi

Kompas.com - 30/03/2021, 18:48 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Adanya pembangunan Interchange (IC) Cileunyi yang akan mengintegrasikan Ruas Jalan Tol Padaleunyi dan Ruas Jalan Tol Cisumdawu, sedikit banyak mempengaruhi kelancaran arus kendaraan.

Jasamarga Metropolitan Tollroad selaku pengelola Ruas Jalan Tol Padaleunyi akan mengoperasikan Gerbang Tol (GT) sementara akses keluar tol Cileunyi.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk tetap menjaga pelayanan kepada pengguna jalan tol, serta memastikan terpenuhinya kapasitas transaksi di GT Cileunyi.

Baca juga: Resmi Meluncur, Wuling Almaz RS Bertabur Fitur Canggih

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu)

Pengoperasian GT sementara akses keluar tol Cileunyi ini akan mulai diberlakukan pada 31 Maret 2021 pukul 00.00 WIB.

General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto, mengatakan, GT sementara ini dioperasikan untuk tetap memastikan pelayanan kepada pengguna jalan tol di bidang layanan transaksi.

“Karena sebagian lokasi IC Cileunyi yang akan dibangun ada pada GT Cileunyi Satelit sehingga harus dilakukan pembongkaran,” ujar Thomas, dalam keterangan tertulis (30/3/2021).

Baca juga: Daerah Ini Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Bermotor Bulan Depan

Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).Dokumentasi Kementerian PUPR Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

“Dan sembari menunggu selesainya pembangunan gerbang tol baru oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) sebagai gerbang integrasi antara Jalan Tol Padaleunyi dan Jalan Tol Cisumdawu,” kata dia.

Meski hanya bersifat sementara, Thomas menambahkan, pihaknya tetap menjaga dan menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jalan tol dengan memastikan berfungsinya peralatan tol secara maksimal dan kelengkapan rambu-rambu pendukung.

GT sementara tersebut nantinya akan mengoperasikan total 3 Gardu Tol Otomatis (GTO) Single, 3 GTO Multi dan 6 Gardu Oblique Approach Booth (OAB).

Baca juga: Blokir STNK Bisa Secara Online, Begini Caranya

Jalan Tol PadaleunyiJasa Marga Jalan Tol Padaleunyi

Namun demikian, saat ini masih memaksimalkan 3 GTO Single dan 3 GTO Multi, ditambah 2 GTO Single arah keluar pada GT Cileunyi Utama yang masih tetap digunakan sehingga total gardu yang dioperasikan adalah 8 unit.

Gerbang tol akses keluar Tol Cileunyi akan berlangsung sampai 6 OAB pada GT sementara selesai dibangun.

Jasa Marga pun mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati dan memastikan kecukupan saldo uang elektronik saat melakukan transaksi di gerbang tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.