Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Uji Coba Terbatas Transaksi Nirsentuh Pakai Stiker RFID

Kompas.com - 23/03/2021, 10:51 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Video pemasangan stiker Radio Frequency Identification (RFID) di lampu depan mobil untuk melakukan transaksi tol tanpa henti, viral dikalangan pengguna WhatsApp.

Diketahui proses pemasangan stiker tersebut dilakukan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk, kepada beberapa kendaraan milik komunitas mobil.

Menanggapi hal itu, Dwimawan Heru, Corporate Communication and Community Developemt Group Head PT Jasa Marga, membenarkan bila memang pihaknya sedang melakukan uji coba.

Baca juga: Mekanisme Transaksi Tol MLFF Nirsentuh Tanpa Berhenti

"Pemasangan stiker RFID di head lamp, memang video tersebut terjadi di wilayah Jasa Marga, di mana kami sedang melakukan uji coba terbatas Let it Flo (aplikasi touch-less transaction Single Lane Free Flow-SLFF, berbasis teknologi RFID) yang saat ini sedang dikembangkan PT Jasamarga Tollroad Operator, selaku Anak Perusahaan Jasa Marga," kata Heru dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/3/2021).

Tangkapan layar video yang memperlihatkan proses pemasangan stiker berbasis Radio Frequency Identification (RFID) di headlamp (lampu bagian depan kendaraan).Dok. PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Tangkapan layar video yang memperlihatkan proses pemasangan stiker berbasis Radio Frequency Identification (RFID) di headlamp (lampu bagian depan kendaraan).

Heru mengatakan Jasa Marga telah mengembangkan uji coba berbagai teknologi transaksi nirsentuh atau touch-less transaction di jalan tol. Bahkan sebelum dilakukannya elektronifikasi di jalan tol pada 2017 lalu.

Menurut Heru, uji coba nirsentuh ini akan terus berlangsung, dan saat ini prosesnya melalui Let It Flo.

Sementara untuk video yang viral mengenai pemasangan RFID di lampu utama, memang dilakukan lantaran uji coba tak hanya melibatkan kalangan internal, tapi juga pengguna eksternal.

Diantaranya seperti beberapa BUMN dan komunitas otomotif yang turut diajak menguji, sekaligus untuk mendapatkan berbagai masukan dalam rangka pengembangan sistem transaksi yang dilakukan Jasa Marga.

Baca juga: Jalan Tol Sering Macet, Pengelola Diminta Pertimbangkan Kenaikan Tarif

Transaksi tol Single Lane Free Flow (SLFF) Transaksi tol Single Lane Free Flow (SLFF)

"Meski demikian karena antusiasme publik, beberapa materi uji coba yang kami lakukan, yang sebenarnya masih terbatas sifatnya, beredar luas di kalangan publik," ucap Heru.

Heru menegaskan implementasi touch-less transaction nantinya akan ditetapkan pemerintah sebagai regulator yang memiliki kewenangan. Simultan dengan proses tersebut, Jasa Marga akan tetap meneruskan uji coba.

Baca juga: Daftar Kartu Elektronik yang Bisa buat Pembayaran Tol Trans Jawa

Transaksi tol Single Lane Free Flow (SLFF) Transaksi tol Single Lane Free Flow (SLFF)

"Dapat kami sampaikan, bahwa yang kami lakukan saat ini, hanya sebatas uji coba yang lingkupnya masih terbatas, dan tidak komersial," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com