6 Jurus Merawat Motor Lawas, Gampang-gampang Susah

Kompas.com - 14/03/2021, 14:21 WIB
Deretan sepeda motor tua berbagai merek koleksi Hauwke's Auto Gallery, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018). Kompas.com/Alsadad RudiDeretan sepeda motor tua berbagai merek koleksi Hauwke's Auto Gallery, Kemang, Jakarta Selatan, Senin (12/3/2018).
|

SOLO, KOMPAS.com - Motor lawas memang harus diperlakukan beda dari motor keluaran terbaru dalam hal perawatan.

Komponen yang sudah termakan usia dan penggunaan teknologi yang sangat konvensional membuat motor tua perlu perhatian khusus.

Perawatan yang harus dilakukan juga tidak sembarangan. Jika ada komponen yang rusak tentu saja akan sulit untuk mencari penggantinya, dan jika ada pasti harganya juga mahal.

Baca juga: Honda CB Gelatik, Motor Klasik yang Masih Dicari

Untuk itu perawatan yang maksimal akan membuat motor tua bisa lebih awet dan berumur lebih panjang lagi.

Royal Enfield 650 twinsDok. Cyclenews.com Royal Enfield 650 twins

"Merawat motor tua itu harus ada perlakuan khusus, karena motor-motor tua itu dibuat di era teknologi mesin masih kuno jadi perawatannya memang agak spesial dan perlu perhatian khusus," kata Bayu, selaku pengurus Motor Antik Club Indonesia Cabang Solo, Sabtu (13/03/2021).

Baca juga: Polisi Tindak Pengendara Porsche yang Ugal-ugalan Sambil Dikawal Dishub

Bayu memberikan beberapa tips untuk merawat motor tua agar motor selalu dalam keadaan yang bagus dan tetap terawat dengan baik. Berikut adalah tips merawat motor tua.

1. Pemakaian

Dalam hal pemakaian, motor yang sudah berumur berbeda dengan pemakaian motor baru. Dengan komponen yang sudah tua harus dipakai dengan cara yang hati-hati dan tidak memaksakan motor itu sendiri.

Baca juga: Tips Membeli Motor Antik secara Online

Motor klasik dipamerkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Motor klasik dipamerkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

2. Cek oli

Jangan lupa untuk cek oli dalam jangka waktu tertentu karena motor tua kebanyakan tidak memiliki sistem pendingin.

Untuk penggantian oli tergantung kebutuhan dari motornya, ada yang sebulan sekali, tiga bulan sekali, atau yang enam bulan sekali.

3. Pengapian

Cek bagian pengapian. Motor lama kebanyakan menggunakan sistem platina dalam sistem pengapiannya dan perlu perhatian khusus agar pengapian bisa terus lancar.

Baca juga: Pembeli Motor Antik di Solo Kebanyakan dari Luar Kota

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X