Kompas.com - 13/03/2021, 16:41 WIB
jejeran motor antik di Marwan Motor Arif Nugrahadijejeran motor antik di Marwan Motor

SOLO, KOMPAS.com - Semakin dimudahkannya segala sesuatu dengan adanya teknologi, maka ikut memudahkan orang untuk melakukan kegiatan apapun termasuk jual beli.

Namun tidak semua orang menggunakan teknologi dengan baik dan benar, ada juga yang menyalahgunakan teknologi tersebut untuk menipu orang lain lewat jual beli online.

Baca juga: Motor Pakai Knalpot Racing Disita, Boleh Diambil tapi dengan Syarat

Marwan, selaku pemilik bisnis jual beli motor antik di Solo menjelaskan bahwa sekarang memang banyak orang yang tidak bertanggung jawab menipu di jual beli online motor antik.

Salah satu Honda Super Cub 70. Super Cub 70 merupakan salah satu motor lawas yang banyak digemari dan belakangan banyak diburu penggemarnya.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu Honda Super Cub 70. Super Cub 70 merupakan salah satu motor lawas yang banyak digemari dan belakangan banyak diburu penggemarnya.

"Pernah itu kemarin ada yang lapor ke saya katanya membeli motor antik dari saya dan sudah mentransfer sebagian uang, namun barangnya belum datang juga. Kemudian orang itu mencari Informasi di media sosial tentang sini (Marwan Motor) lalu menelepon saya, padahal saya tidak merasa bertransaksi dengan orang tersebut," kata Marwan saat ditemui di showroom motor antik miliknya, Sabtu (13/03/2021).

Baca juga: Biaya Servis Honda Jazz sampai 100.000 Km, Rp 9 Jutaan

Marwan juga menjelaskan kalau ada tips khusus dari showroom miliknya jika ingin membeli lewat online. Pada dasarnya kendaraan antik tidak banyak yang dipasarkan melaui online. Berikut adalah tips dari marwan ketika ingin membeli motor antik secara online.

Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa penjual memang dapat dipercaya. Kalau mencari informasi di internet lihat ulasan pembeli sebelumnya tentang riwayat penjualnya.

Baca juga: Apakah Pakai Helm Tua untuk Harian Aman?

jejeran motor antik di showroom Marwan Motor SoloArif Nugrahadi jejeran motor antik di showroom Marwan Motor Solo

Kemudian sebelum membeli motor antik pastikan kita memilki pengetahuan yang lebih tentang apa yang akan kita beli, entah itu spek kendaraan ataupun, tahun, dan juga modelnya.

Ketika sudah tahu tujuan kita tentang motor yang akan kita beli, pastikan kontak langsung dengan penjulanya. Tanyakan keaslian serta surat surat resmi yang dimiliki kendaraan tersebut.

Baca juga: Murah Mana Biaya Perawatan Suzuki Carry dan Gran Max Pikap

Setelah itu, mintalah penjual untuk melakukan panggilan video guna memastikan kebenaran bahwa motor antik tersebut berada di showroom miliknya atau di sekitar penjualnya.

Motor antik dipamerkan di showroom motor antik Marwan Motor SoloArif Nugrahadi Motor antik dipamerkan di showroom motor antik Marwan Motor Solo

Jika diperlukan penjual boleh diminta untuk menunjukkan surat surat berupa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) ataupun Buku Kepemilikan Kendaran Bermotor (BPKB) kendaraan agar pembeli dapat mengecek secara langsung lewat panggilan video dan memastikan kalau memang surat-surat di pegang langsung oleh penjual tanpa perantara.

Baca juga: Jalan Tol Sering Berlubang, Tarif Terus Naik

Terakhir, pastikan pengiriman yang aman dan terpercaya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X