Kenapa Wanita Cenderung Lebih Suka Hatchback?

Kompas.com - 14/03/2021, 09:21 WIB
Ilustrasi berkendara mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi berkendara mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini wanita yang mengemudikan mobil bukan lagi menjadi hal yang tabu. Apalagi di kota besar, populasi pengemudi wanita mungkin saja hampir sama banyaknya dengan pria.

Melihat antusiasme konsumen otomotif wanita yang begitu tinggi, tak heran jika semua pabrikan mobil di tanah air meluncurkan produk baru menghadirkan pilihan transmisi matik dan manual.

Baca juga: Honda CB Gelatik, Motor Klasik yang Masih Dicari

Customer Satisfaction Development and Marketing Communication Head Auto2000 (PT Astra International Toyota Sales Operation) Cahaya Fitri Tantriani mengatakan, peminat mobil di segmen hatchback tidak jarang dari konsumen wanita.

Menurutnya, hal ini karena mobil tersebut memiliki bodi yang lebih mungil, sehingga persepsinya bisa lebih gesit.

“Fitur unggulan pada interior menjadi salah satu pertimbangan. Misal, fitur New Advance Entertainment with Smartphone Connection yang ada pada Toyota Yaris, bisa memudahkan kaum hawa yang memiliki hobi ngobrol untuk tetap connect dengan teman saat mengemudi tanpa perlu memegang smartphone-nya,” ucap Tantri saat dihubungi Kompas.com (13/3/2021).

Tes performa Yaris HeykersOtomania/Setyo Adi Tes performa Yaris Heykers

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak hanya itu saja, Menurut Tantri, fitur penunjang keselamatan yang lengkap seperti ABS, Airbag, EBD, child safety lock, dan lain-lain juga menjadi pertimbangan lainnya.

Sebab, dengan adanya fitur tersebut wanita akan merasa aman saat berkendara, terutama bila membawa putra putri kesayangannya.

Baca juga: Ini Cara Bayar Pajak Tahunan Mobil yang Masih Kredit

Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra menambahkan, menurut survei yang sudah dilakukan, pembelian mobil Suzuki dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan, dan 48 persen pembeli city car dan hatchback Suzuki adalah perempuan.

Menurutnya, hal ini dikarenakan wanita lebih mengedepankan nilai emotional produk dibanding fungsionalnya.

“Wanita lebih memperhatikan styling, design, model wish dan fungsi benefit untuknya. contohnya fitur pocket car seat pada mobil,” ujar Donny.

Sedangkan pria lebih mengdepankan fungsi logis, contohnya lebih ke arah oprational cost dan biaya servis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.