Honda CB Gelatik, Motor Klasik yang Masih Dicari

Kompas.com - 13/03/2021, 19:22 WIB
Honda CB Gelatik Foto: Otomotif StyleHonda CB Gelatik

SOLO, KOMPAS.com - Berbicara mengenai motor lawas tentu saja nama Honda CB tidak asing bagi kebanyakan orang. Namun tidak banyak yang mengenal tentang salah satu model Honda CB, yaitu Honda CB Gelatik.

Motor yang sempat terkenal karena dipakai untuk properti pengambilan gambar film Dilan 1990 beberapa waktu lalu itu sekarang memiliki harga yang cukup mahal.

Baca juga: Razia Knalpot Racing, Produsen Minta Polisi Pakai Alat Pengukur Suara

CB gelatik diproduksi pada sekitar tahun 1972 sampai dengan tahun 1975. Dengan desain yang simpel, minimalis, dan tidak terlalu besar membuat motor ini memiliki daya tarik sendiri.

CB GelatikArif Nugrahadi CB Gelatik

Namun sekarang, untuk mencari CB Gelatik dengan kondisi yang masih orisinil memang cukup sulit. Jika ada, harganya juga akan mahal. Salah satu showroom motor klasik di Solo, Marwan Motor menyimpan koleksi ini dan menjualnya.

Baca juga: Tips Membeli Motor Antik secara Online

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk sementara kami punya koleki yang paling mahal itu ada CB Gelatik tahun 1973 warna putih yang masih full orisinil," ungkap Marwan, salah satu penjual motor klasik di Solo, Sabtu (13/03/2021).

Motor dengan nama lain CB 100 K2 memiliki kapsitas mesin 99 cc dengan tipe mesin 4 langkah, 1 silinder. Motor itu masih menggunakan pengapian jenis platina dan dilengkapi dengan transmisi lima percepatan.

Baca juga: Pembeli Motor Antik di Solo Kebanyakan dari Luar Kota

CB GelatikArif Nugrahadi CB Gelatik

Motor dengan kapasitas tangki bahan bakar 10 liter itu harganya lumayan mahal saat ini. Pada saat kemunculannya tahun 1972 sampai tahun 1975, motor ini sudah dikenal mahal dan yang bisa membeli hanya orang yang memiliki uang lebih.

Sedangkan untuk saat ini Honda CB 100 K2 juga masih mahal, di Marwan Motor untuk yang masih orisinil dijual dengan harga Rp 40 juta, sedangkan yang sudah cat ulang dijual dengan harga Rp 25 juta dalam keadaan yang orisinil juga.

Baca juga: Sikap Penumpang Ketika Naik Bus Pariwisata yang Ugal-ugalan

"Cb Gelatik itu kebanyakan yang nyari pejabat, soalnya kebanyakan yang dulu naik itu sudah banyak yang jadi orang kaya," ucap Marwan.

Honda CB GelatikFoto: Pinterest Honda CB Gelatik

Sementara itu di situs jual beli kendaraan bekas online juga ada yang menawarkan CB Gelatik dengan harga berikut.

Baca juga: Rajin Cek Kelayakan Ban Agar Terhindar dari Kecelakaan

  • Honda CB Gelatik 1973 seharga Rp 10.000.000
  • Honda CB Gelatik 1974 seharga Rp 8.900.000
  • Honda CB Gelatik 1976 seharga Rp 9.000.000
  • Honda CB Gelatik 1978 seharga Rp 22.000.000

Kebanyakan Honda Cb 100 K2 Gelatik yang dijual di pasar online memiliki kondisi yang sudah restorasi dan sudah tidak menggunakan part aslinya. Bahkan ada juga yang sudah dilakukan pengecatan ulang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.