Adu Fitur Suzuki Carry dan Gran Max, Dapat Apa Saja?

Kompas.com - 09/03/2021, 09:22 WIB
Kabin Suzuki Carry lebih lega dibanding pendahulunya KompasOtomotif - AFHKabin Suzuki Carry lebih lega dibanding pendahulunya

JAKARTA, KOMPAS.com – Mencari pikap bermesin bensin dengan kubikasi di bawah 1.500cc, terdapat dua pilihan yang ada di pasaran, Suzuki Carry dan Daihtasu Gran Max.

Selain dari luasnya bak, fitur yang ditawarkan oleh kedua mobil ini juga patut jadi pertimbangan. Kali ini, akan kita adu fitur apa saja yang ada di Suzuki Carry varian tertinggi yakni Wide Deck AC PS dan Daihatsu Granmax 1.5 AC PS STD.

Memang, bagi pengguna pikap biasanya tidak terlalu mengutamakan fitur pada mobil, yang utama adalah harga ekonomis. Tapi, dengan mengetahui fitur bawaan, setidaknya calon pembeli pikap bisa tahu apa nilai tambahnya.

Pada Carry, fitur pertama yang ditawarkan, adalah power steering dan penyejuk ruangan alias air conditioner (AC). Kemudian untuk kunci yang digunakan, sudah memakai immobilizer. Serta di tipe tertinggi ini mendapatkan head unit single DIN.

Baca juga: Apa Kabar Inden Suzuki Jimny di Indonesia?

Kunci mobil Suzuki Carry terbaru sudah menggunakan fitur immobilizerKompasOtomotif - AFH Kunci mobil Suzuki Carry terbaru sudah menggunakan fitur immobilizer

Kemudian soal desain interior, Carry memiliki model yang mengotak serta banyak penyimpanan terbuka. Kemudian untuk bahan yang ada di kabin juga memakai plastik keras, agar lebih tahan lama serta mudah dibersihkan.

Speedometer yang dimiliki Carry hanya menunjukkan kecepatan tanpa takometer. Kemudian ada penunjuk bensin digital yang juga menampilkan odometer, trip A dan B.

Di kabin Carry ini memang dibuat untuk bisa diisi tiga orang. Kursinya pun sederhana, tanpa head rest dan hanya kursi pengemudi yang bisa diatur maju-mundur. Kemudian seat belt yang digunakan juga masih manual, harus direkatkan sendiri.

Baca juga: Perang Harga Bus AKAP Kelas Eksekutif Solo-Jakarta, Mulai Rp 200.000

Interior Gran Max Pick UpDAIHATSU.co.id Interior Gran Max Pick Up

Beralih ke Daihatsu Gran Max, varian tertinggi ini juga memiliki power steering dan air conditioner. Kemudian ada sistem hiburan juga berupa head unit single DIN. Namun untuk kuncinya masih standar, tidak seperti milik Carry.

Soal desain interior, yang menjadi khas dari Gran Max ini yang kemudian diikuti Carry yaitu posisi tuas transmisi yang ada di dasbor. Bahan yang digunakan pada kabin ini juga sama, memakai plastik keras namun door trimnya memiliki dua tone warna, abu-abu dan hitam.

Soal posisi duduk pengemudi, Gran Max juga bisa diatur maju dan mundur. Kemudian kabin depan ini juga dibuat agar bisa memuat sampai tiga penumpang.

Baca juga: Memasuki Rangkaian Seri Pembuka, Berikut Jadwal MotoGP 2021

Kemudian Speedometer juga hanya menunjukkan kecepatan, tidak ada takometer. Selain itu ada layar digital yang menampilkan penunjuk bensin, odometer, trip A dan B.

Perlu diketahui, kedua pikap ini hanya memiliki sun visor di sisi pengemudi, jendela buka tutup masih manual memakai engkol, serta hand grip yang ada di pilar A untuk mempermudah masuk-keluar kabin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X