Kompas.com - 08/03/2021, 10:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga saat ini ternyata inden generasi keempat Suzuki Jimny di Tanah Air masih tinggi. Bahkan, jumlah pemesannya juga belum banyak berkurang.

Artinya, secara waktu tunggu, antrean SUV legendaris itu masih sama dengan sebelumnya, yakni mencapai lebih dari 10 tahun.

"Pemesanan Jimny, dari tahun lalu masih kita tutup. Memang belum kami buka lagi sampai saat ini dan jumlahnya juga masih sama, inden lebih kurang juga belum berubah (10 tahun)," ucap Direktur Pemasaran Roda 4 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra kepada Kompas.com, Jumat (5/3/2021).

Baca juga: Reaksi Suzuki Indonesia soal Keputusan Produksi Jimny di India

Seperti diketahui, sejak membeludaknya pemesanan Jimny dari konsumen di kota-kota besar yang ada di Indonesia, Suzuki memutuskan tak lagi menerima inden pada Oktober 2018.

Test Drive Suzuki Jimny Test Drive Suzuki Jimny

Namun, jelang pertengahan 2019, keran pemesanan bocor. Ada beberapa konsumen yang memaksa memesan meskipun untuk menerima unit, butuh waktu yang tak sebentar.

Lamanya masa tunggu juga dikarenakan faktor jumlah kuota Jimny yang sangat terbatas. Bisa dibilang tak berbanding lurus dengan tingginya angka pemesanan di Tanah Air.

Baca juga: Tak Hanya Penyegaran, Suzuki Kasih Sinyal Produk Baru

Apalagi Suzuki Indonesia juga kalah saing dengan Maruti Suzuki di India yang memperoleh hak produksi Jimny secara lokal. Otomatis waktu tunggu konsumen di Tanah Air makin lama.

Suzuki Jimny di GIIAS 2019 Suzuki Jimny di GIIAS 2019

"Soal Jimny belum berubah, indennya masih panjang. Sejauh ini kami belum memutuskan mengambil Jimny dari India, jadi sampai saat ini, unit yang datang itu langsung dari Jepang," kata Donny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.