Kenapa Cuma Mobil di Bawah 1.500 cc Tertentu yang Dapat Insentif ?

Kompas.com - 18/02/2021, 12:51 WIB
Sales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi akan memberikan insentif PPnBM bagi mobil baru. Kebijakan ini bisa dinikmati masyarakat mulai Maret hingga November 2021 dengan tiga skema relaksasi.

Namun penting diketahui pemberian insentif hanya untuk jenis mobil tertentu, yakni di bawah 1.500 cc, 4x2, termasuk sedan, dan memiliki tingkat kandungan lokal sebesar 70 persen.

Ketika ditanya kenapa hanya untuk mobil tertentu, Jongkie D Sugiarto, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengatakan, hal tersebut menyesuaikan dengan selera pasar di Indonesia.

Baca juga: Aturan Insentif PPnBM Ditunggu, Kemenkeu Pastikan Segera Tersedia

"Sebenarnya yang dipentingkan itu yang diproduksi di dalam negeri, dan memang paling besar dari volume penjualan di Indonesia adalah yang di bawah 1.500 cc," kata Jongkie dalam tayangan Business Talk Kompas TV, Selasa (16/2/2021).

Tampilan baru Daihatsu Xenia facelift Tampilan baru Daihatsu Xenia facelift

Lebih lanjut Jongkie menjelaskan, sebetulnya mobil-mobil berkubikasi 1.500 sampai 2.000 cc juga sudah banyak yang diproduksi di Indonesia, namun secara jumlah tidak terlalu besar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Jongkie hal lain yang harus ikut diperhatikan adalah dari sisi industrinya. Karena pabrik komponen harus tetap beroperasi, bila tidak maka akan sangat berbahaya ke depannya.

Sementara ketika ditanya apakah memungkingkan mobil di atas 1.500 cc dengan kandungan lokal tinggi juga mendapat relaksasi, Jongkie hanya menjelaskan bila hal tersebut tak menutup kemungkinan.

Baca juga: Mitsubishi Pastikan Harga Xpander dan Xpander Cross Turun Berkat PPnBM 0 Persen

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Hadir dengan head unit Rockford Fosgate dengan subwoofer dan amplifier. Ditawarkan satu transmisi otomatik dengan dua pilihan warna putih dan abu abu metalik. Dibadnerol Rp 304,7 jutaAPHIT McKlein Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Hadir dengan head unit Rockford Fosgate dengan subwoofer dan amplifier. Ditawarkan satu transmisi otomatik dengan dua pilihan warna putih dan abu abu metalik. Dibadnerol Rp 304,7 juta

"Kita lihat dulu penerimaannya, karena perlu diketahui 60 persen dari total penjualan mobil di Indonesia itu adalah jenis SUV dan MPV bermesin 1.500 cc ke bawah," ucap Jongkie.

"Jadi ini yang kita sasar di awal agar semua bisa bergerak lagi, baik dari pabriknya maupun komponennya. Karena kita tahu ada lebih dari satu setengah juta yang terlibat dalam industri otomotif ini," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.