Mengulas Bus Bio Laboratorium – Mobile PCR Lab dari Hino

Kompas.com - 18/02/2021, 08:22 WIB
Bus Bio Laboratorium buatan Laksana DOK. PT HMSIBus Bio Laboratorium buatan Laksana

TANGERANG, KOMPAS.com – Selain ada Bio Smart & Safe Bus yang dipamerkan pada Hino Product Showcase, ada juga bus Bio Laboratorium dengan menggunakan sasis Hino FC dan bodi Laksana Tourista.

Kali ini Kompas.com dapat kesempatan untuk mengulas lebih detail bus Bio Laboratorium ini yang sudah sesuai Bio Safety Cabinet Level 2. Untuk pintu masuknya, ada di sisi kanan bagian belakang.

Sebelum masuk, ada pass box, dan jendela yang ada di sisi kanan untuk mengambil hasil SWAB PCR dari luar ke ruang laboratorium. Kemudian untuk masuk ke ruangan laboratorium, kompatermen pertama yang dilewati adalah tempat untuk tenaga medis dengan APD.

Baca juga: Bus dengan Bagasi Tembus Bersasis Khusus

Bus Bio Laboratorium buatan LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus Bio Laboratorium buatan Laksana

Pada ruang pertama ini tersedia beberapa laci untuk menyimpan peralatan serta wastafel. Lalu setiap ruang dihubungkan dengan pintu yang diatur agar tidak bisa membuka secara bersamaan. Mekanisme ini dilakukan agar setiap ruangannya steril, tidak saling terkontaminasi.

Kemudian masuk ke ruang selanjutnya adalah ruang antara, bisa dibilang seperti lorong. Setiap ruangan memiliki AC masing-masing dengan tujuan setiap ruangan bersih dan tidak saling mengkontaminasi jika ACnya digabung.

Ada juga ruang ekstraksi sampel. Bagian ini lah yang sebelumnya di luar bus ada pass box. Sampel PCR akan diekstraksi dahulu, disiapkan baru dikirimkan lagi lewat pass box ke ruang PCR untuk dianalisa.

Baca juga: Diperpanjang, Ini Lokasi Penyekatan Ganjil Genap Bogor

Bus Bio Laboratorium buatan LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus Bio Laboratorium buatan Laksana

Pada ruang ekstraksi juga memiliki AC sendiri dengan tambahan HEPA filter. Kemudian untuk ruang PCR, ada pass box dari ruang ekstraksi. Kemudian untuk keluar dari laboratorium ini, ada ruang terpisah dari pintu masuknya.

Pada ruang keluar, tersedia juga tempat khusus untuk tenaga medis melepas APD. Disediakan juga tempat pembuangan limbah medis serta wastafel untuk tenaga kesehatan bersih-bersih. Pintu keluar ini ada di sisi kiri belakang bus, selain itu ada juga tangga untuk turun dari labnya.

Kemudian untuk ruang pengemudi, tersedia juga tempat dua tempat duduk untuk penumpang serta freezer kecil. Selain itu di ruang ini juga tempat untuk sistem kelistrikan pada laboratorium yang ditenagai oleh genset.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X