Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/02/2021, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKondisi cuaca yang kerap hujan membuat beberapa ruas jalan rusak bahkan bolong lumayan dalam. Bahkan sebuah truk bisa terguling karena melewati jalan yang bolong dengan kecepatan rendah.

Satu video yang diunggah akun Warung Jurnalis di Instagram memperlihatkan sebuah truk bermuatan kayu oleng dan terguling ketika melewati jalan yang jelek. Selain itu, truk juga terlihat Over Dimension dan Over Loading (ODOL).

Kondisi ini menjadi bukti kalau truk ODOL memiliki beberapa kerugian baik untuk pemilik barang, pemilik truk, bahkan bisa juga pengguna jalan lain. Pengirim barang tidak dapat mengirim tepat waktu, pemilik truk rusak kendaraan, dan pengguna jalan lain terhambat jalan atau lebih parah bisa terluka.

Baca juga: Dikabarkan Ludes Terjual, Ini Kata Toyota Indonesia Soal GR Yaris

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Warung Jurnalis (@warung_jurnalis)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, truk akan mudah oleng ketika dimuat dengan beban yang berlebih atau barangnya disusun sampai tinggi menjulang.

“Truk memiliki keterbatasan kemampuan daya angkut, kalau pun spacenya ada tapi melebihi kemampuan daya angkut, maka keseimbangannya pasti hilang,” ucap Sony kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Honda CB350RS Meluncur, Ganteng!

Belum lagi saat beban yang disusun tinggi, akan memengaruhi center of gravity (COG) dari truk tersebut. Semakin tinggi beban yang diangkut, COG dari truk akan naik sehingga lebih mudah oleng, bahkan miring sedikit bisa terguling.

“Jika muatannya tinggi, titik berat tersebut sudah berubah ke atas, ini yang membuat truk mudah oleng. Semakin tinggi dimensi muatan truk, semakin mudah menangkap angin samping, jadi gampang terbalik,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.