Tilang Elektronik Segera Diterapkan di Jawa Barat

Kompas.com - 02/02/2021, 10:12 WIB
Ilustrasi kamera tilang elektronik https://ntmcpolri.info/Ilustrasi kamera tilang elektronik
Penulis Ari Purnomo
|

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah wilayah mulai bersiap untuk menerapkan penerapan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE).

Selain Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), provinsi lain yang juga bersiap untuk menerapkan tilang tanpa petugas adalah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Direktur lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Barat Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan berbagai persiapan untuk memulai menerapkan tilang elektronik.

Eddy berharap, persiapan ini bisa selesai dalam dalam bulan ini sehingga bulan depan ETLE bisa diluncurkan.

Baca juga: Membeli Kendaraan Bekas, Perlu Cek Status STNK?

“Persiapan saat ini masih dalam proses, dan bulan ini bisa selesai sehingga bulan depan bisa diluncurkan,” kata Eddy kepada Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

Kamera pengawas sistem tilang elektronik di JPO depan Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Kamis (17/9/2020).TRIBUN JAKARTA/ Dwi Putra Kesuma Kamera pengawas sistem tilang elektronik di JPO depan Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Kamis (17/9/2020).

Persiapan yang dilakukan, kata Eddy, tidak hanya sebatas menyiapkan sarana dan prasarana pendukung ETLE saja.

Melainkan juga mempersiapkan faktor pendukung pelaksanaan tilang elektronik seperti sumber daya manusia (SDM).

Mengingat, penerapan terhadap pelanggar lalu lintas ini mengandalkan kamera pengawas dan tidak lagi petugas yang berjaga di jalan raya.

“Nantinya dengan adanya tilang elektronik ini tidak ada lagi petugas yang berjaga. Untuk perangkat lunak dan keras sudah dipersiapkan, termasuk memberikan pelatihan kepada petugas,” tuturnya.

Baca juga: Begini Cara Mengaktifkan Kembali Masa Berlaku STNK yang Mati

Eddy menambahkan, nantinya tilang elektronik ini belum bisa diterapkan di seluruh wilayah Jabar, melainkan hanya di beberapa lokasi yang dianggap sudah siap.

Petugas kepolisian dari direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyosialisasikan penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk kendaraan roda dua atau motor di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020). Untuk saat ini sistem ETLE untuk pengendara sepeda motor fokus pada penindakan tiga pelanggaran, yakni penggunaan helm, menerobos traffic light, dan melanggar marka jalan. Penerapan aturan tersebut telah resmi diberlakukan mulai Sabtu (1/2/2020).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas kepolisian dari direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyosialisasikan penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk kendaraan roda dua atau motor di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020). Untuk saat ini sistem ETLE untuk pengendara sepeda motor fokus pada penindakan tiga pelanggaran, yakni penggunaan helm, menerobos traffic light, dan melanggar marka jalan. Penerapan aturan tersebut telah resmi diberlakukan mulai Sabtu (1/2/2020).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.