Selama MotoGP 2020 di 3 Sirkuit Ini Paling Banyak Pebalap Terjatuh

Kompas.com - 19/12/2020, 13:02 WIB
Valentino Rossi mengalami crash pada MotoGP Perancis yang digelar di Sirkuit Le Mans, Minggu (11/10/2020). Kaki Rossi nyaris terlindas motor Joan Mir ketika ia terjatuh. Tangkapan layar YouTube MotoGPValentino Rossi mengalami crash pada MotoGP Perancis yang digelar di Sirkuit Le Mans, Minggu (11/10/2020). Kaki Rossi nyaris terlindas motor Joan Mir ketika ia terjatuh.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam satu musim, kejadian pebalap terjatuh jumlahnya bisa sangat banyak. Untuk MotoGP 2020, tercatat ada 722 kasus pebalap terjatuh dalam belasan seri yang digelar.

Tiap tahunnya, MotoGP selalu merilis data statistik mengenai kasus pebalap terjatuh. Tahun ini, jumlahnya menurun cukup jauh dibanding 2019.

Baca juga: Alex Marquez Tidak Sabar Jajal Sirkuit Baru di MotoGP 2021

Dikutip dari Speedweek.com, tahun lalu, jumlah kasus pebalap terjatuh mencapai 971. Tahun ini, menurun menjadi 722.

Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).Dok. Twitter MotoGP Marc Marquez terjatuh saat balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).

Dari sekian banyak sirkuit yang digunakan untuk balapan, tercatat paling banyak pebalap terjatuh di Sirkuit Le Mans, Prancis. Total ada 100 kali pebalap terjatuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Paling banyak terjadi di tikungan 3, yang mencatatkan ada 30 kali pebalap terjatuh di sana. Penyebabnya adalah jadwal yang diundur karena adanya pandemi.

Sehingga, saat penyelenggaraan MotoGP Le Mans, Prancis sudah memasuki musim dingin. Dengan begitu, sulit bagi pebalap untuk membangun temperatur yang ideal pada ban agar mendapat cengkraman yang baik.

Baca juga: Terget Petronas Yamaha di MotoGP 2021, Menang 3 in 1

Sirkuit Catalunya menjadi sirkuit kedua yang mencatatkan banyak pebalap terjatuh dengan total 64 kasus. Di tempat ketiga, ada Sirkuit Valencia dengan 61 kasus. Penyebabnya sama, yakni bergesernya jadwal dan sudah memasuki musim dingin.

Sedangkan sirkuit yang paling sedikit mencatatkan pebalap terjatuh justru di sirkuit yang baru, yakni Sirkuit Portimao. Hanya terjadi 32 kasus pebalap terjatuh.

Untuk pebalap dengan jumlah jatuh terbanyak, dicatatkan oleh Johann Zarco dengan total 15 kali selama satu musim ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.