Prediksi Daihatsu Pasar Tahun Depan Lebih Baik dari 2020

Kompas.com - 19/12/2020, 12:01 WIB
Daihatsu Xenia 1.500 cc Daihatsu Xenia 1.500 cc
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski optimistis mengalami pertumbuhan, namun PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memproyeksi bila pasar otomotif pada 2021 belum pulih signifikan.

Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra mengatakan, dari segi ekonomi memang akan ada pergerakan yang lebih baik dan diharapkan bisa memicu minat serta daya beli masyarakat.

"Pada 2021 GDP Indonesia dari perkiraan IMF itu 5,1 lebih baik dari global. Melihat dari proyeksi yang lebih baik, kami optimis pasar mobil akan lebih baik dari 2020, namun tidak akan menyentuh level seperti 2019 lalu," ucap Amel dalam konferensi pers Daihatsu, Kamis (17/12/2020).

Baca juga: Mobil Murah Masih Menjadi Primadona Penjualan Daihatsu

Lebih lanjut Amel menjelaskan, pada akhir 2020 nanti Daihatsu memprediksi pasar mobil untuk wholesale bisa menyentuh hingga 530.000 unit.

Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.

Sementara dari pencapaian penjualan retialnya, diperkirakan bakal lebih tinggi dari jumlah wholesales yang tembus hingga 565.000 hingga 570.000 unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk 2021 nanti, dengan adanya sentimen positif dari pergerakan ekonomi yang arahnya lebih baik serta perkiraan GDP IMF, Amel optimis pencapaiannya bisa lebih tinggi dari saat ini.

"Kami perkirakan di 2021 pasar bisa naik di level 700.000 unit, meski belum mencapai angka di 1 juta seperti 2019 tapi pada dasarnya lebih baik, sudah terlihat grafik senyumnya," kata Amel.

Sementara dari sisi produk, Amel mengatakan untuk tahun ini memang segmen komersial yang tumbuh subur. Hal ini pun nampaknya masih akan sama di 2021, meskipun segmen penumpangnya juga akan ikut naik.

Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADMADM Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADM

Baca juga: Produk Ekspor Sudah Baru, Daihatsu Gran Max di Indonesia Masih Lawas

"Kondisi tahun depan ekonomi akan bergerak lebih baik, spending lebih banyak secara pemakaian kebutuhan mobil komersial masih akan lebih baik, tapi di passenger juga akan naik karena ekonominya mulai mengeliat," ujar Amel.

"Dari segi model, mobil sejuta umat di Indonesia itu masih MPV, jenis ini masih menjadi idaman. Tapi dari segi tren, SUV juga kelihatan meningkat dari tahun ke tahun," kata dia.

Seperti diketahui, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D Sugiarto, sebelumnya sudah memperediksikan bila target penjualan mobil di 2021 bisa berada di 750.000 unit.

Terios 7 Wonders Kolaka Terios 7 Wonders Kolaka

"Kalau dilihat sekaran sudah membaik, jadi harapannya seperti itu. Untuk forecast di 2021 sebanyak 750.000 unit," ucap Jonkie kepada Kompas.com pekan lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.