Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Opsi Pebalap Pengganti Marc Marquez di MotoGP 2021

Kompas.com - 16/12/2020, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap andalan Repsol Honda Marc Marquez, masih berjuang untuk memulihkan cedera lengan kanannya setelah menjalani operasi ketiga.

Infeksi yang timbul akibat operasi tersebut membuat pebalap berusia 27 tahun itu diprediksi akan absen pada beberapa musim di MotoGP 2021.

Terkait kondisi Marquez, tim Honda sedang mencari pebalap pengganti yang bisa membantu mengembangkan motor Honda RC213V selama Marc Marquez absen.

Belum lagi pabrikan asal Jepang tersebut baru saja kehilangan Cal Crutchlow untuk MotoGP 2021 dan digantikan pebalap anyar Pol Espargaro yang sebelumnya memperkuat tim KTM.

Baca juga: Jaminan Petronas Yamaha SRT untuk Valentino Rossi

Beberapa nama pebalap pun disebut akan menggantikan Marc Marquez, sebut saja Andrea Dovizioso, Stefan Bradl, Alex Marquez, hingga Alvaro Bautista.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan), tengah berbincang dengan rider Ducati, Andrea Dovizioso, pada sebuah sesi konferensi pers jelang MotoGP Malaysia 2019, 31 Oktober 2019.AFP/MOHD RASFAN Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan), tengah berbincang dengan rider Ducati, Andrea Dovizioso, pada sebuah sesi konferensi pers jelang MotoGP Malaysia 2019, 31 Oktober 2019.

Ayah Jorge Lorenzo, Chico Lorenzo, memberi masukan tentang pebalap yang layak menjadi pengganti Marquez sementara pada musim mendatang.

Menurut Chico, sebaiknya Honda mencari pebalap dari internal tim Honda, yaitu Stefan Bradl dan Alex Marquez, ketimbang mengambil keputusan untuk menggantikan Marc dengan Andrea Dovizioso sebagai pebalap pengganti.

Baca juga: Yamaha Diminta Mulai Mendengarkan Quartararo, Bukan Rossi

Bukan tanpa alasan, Chico memberi saran tersebut berdasarkan pengalaman putranya yang pindah dari Ducati ke Honda.

"Jorge Lorenzo telah berhasil menang bersama Ducati, ketika dia pindah ke Honda kemudian mengalami masalah. Jika seperti Dovizioso, dia sudah mengalami masalah di Ducati, apa yang akan terjadi ketika dia pindah ke Honda?,” ujar Chico dikutip dari Motosan, Rabu (16/12/2020).

“Semua orang tahu Dovizioso adalah pembalap hebat yang telah menorehkan pencapaian bagus. Tapi jika saya Honda, saya akan menyerahkan posisi pengganti kepada Alex Marquez atau Stefan Bradl," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com