Ganti Oli Mesin Mobil Jangan Terpaku pada Jarak atau Waktu

Kompas.com - 19/12/2020, 10:21 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan penggantian oli mesin pada mobil memang sebaiknya dilakukan secara rutin sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan.

Biasanya, penggantian pelumas ini berdasarkan jarak tempuh kendaraan misalkan setiap 6.000 kilometer atau waktu pemakaian maksimal enam bulan.

Selain dua perhitungan tersebut, ternyata ada hal yang juga perlu diperhatikan untuk menentukan waktu penggantian oli mesin yakni durasi atau jam pemakaian kendaraannya.

Pemilik bengkel spesialis Worner Matic Hermas Efendi Prabowo mengatakan, lama pemakaian kendaraan dalam posisi mesin hidup juga bisa mempengaruhi kualitas oli mesin.

Baca juga: Blokir STNK yang Mati 2 Tahun Segera Diberlakukan

Sehingga, lama pemakaian kendaraan (dalam posisi mesin hidup) juga perlu menjadi pertimbangan kapan seharusnya mengganti pelumas.

Ilustrasi ganti oliDeltalube Ilustrasi ganti oli

“Mengikuti rekomendasi dari ATPM dalam penggantian oli memang bagus, tetapi akan lebih bagus jika kendaraan sering digunakan dalam kondisi jalanan macet mengganti lebih awal,” kata Hermas kepada Kompas.com, Jumat (18/12/2020).

Hermas menambahkan, selama ini memang pabrikan kendaraan tidak membedakan periode penggantian pelumas di setiap daerah.

Apakah, daerah tersebut rawan kemacetan atau tingkat kepadatan lalu lintas yang tidak terlalu padat. Akan tetapi, bagi pemilik kendaraan sebaiknya bisa menilai sendiri waktu penggantian oli sesuai dengan durasi pemakaiannya.

Baca juga: Begini Cara Mudah Blokir STNK Tanpa Harus ke Samsat

“Tidak mungkin ATMP menentukan jarak penggantian pelumas yang berbeda untuk setiap kota. Misalkan, rekomendasi 10.000 kilometer, ternyata dipakai dalam kondisi jalan yang macet melulu, sehingga jam kerja mesin sudah cukup lama,” ucapnya.

Menurutnya, pemakaiannya oli sesuai dengan jam kerja mesin bisa menjaga kualitas pelumas agar tetap bekerja secara bagus untuk melumasi setiap komponen di dalam mesin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.