Susul Hyundai, Kia Siapkan MPV Pesaing Avanza dan Xpander

Kompas.com - 19/12/2020, 07:22 WIB
Ilustrasi Kia Carens 2016 autoevolution.comIlustrasi Kia Carens 2016

JAKARTA, KOMPAS.com – Pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, belum lama ini dikabarkan bakal meluncurkan Staria yang bakal mengisi segmen MPV. Apabila nanti benar-benar hadir di Indonesia, Hyundai Staria bakal jadi pesaing serius Toyota Avanza maupun Mitsubishi Xpander.

Mengetahui kabar ini, merek Kia tampaknya tidak tinggal diam dengan rencana peluncuran sebuah MPV baru yang akan hadir pada awal 2022.

Dilansir dari Autocar India, Kia kabarnya tengah menyiapkan MPV ukuran sedang yang sama sekali baru dengan pilihan mesin bensin dan diesel.

Baca juga: Anomali Mobil Elektrifikasi di Tengah Pandemi

 

Bocoran calon MPV baru Kia.https://cdni.autocarindia.com/ Bocoran calon MPV baru Kia.

Mobil ini disebut-sebut punya panjang di antara Suzuki Ertiga dan Toyota Kijang Innova. Artinya, bisa dipastikan bahwa MPV Kia terbaru ini akan berdimensi lebih kecil dari Grand Sedona.

Secara basis, mobil ini kabarnya akan mengusung platform milik Kia Seltos dengan beberapa penyesuaian. Tak heran secara fitur, diprediksi juga bakal mirip dengan SUV tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Urusan dapur pacu, MPV Kia varian bensin mengusung mesin 1.500 cc bertenaga 115 ps atau setara 113 tk dan torsi 144 Nm.

Baca juga: Mengapa Truk dan Bus Jarang Gunakan Lajur Paling Kiri di Tol?

 

KIA Seltos dibawa ke luar kota untuk pengujian konsumsi BBMKompas.com KIA Seltos dibawa ke luar kota untuk pengujian konsumsi BBM

Sementara untuk varian diesel, menggunakan mesin 1.500 cc dengan tenaga yang sama sekitar 115 ps atau setara 113 tk, namun dengan torsi maksimal 250 Nm.

Untuk diketahui, kedua mesin ini sebetulnya sudah tersedia. Mesin bensinnya merupakan milik Sonet yang sudah meluncur di Indonesia. Sedangkan mesin diesel-nya kepunyaan Seltos di India.

Melihat figur tenaga dari mesin tersebut, tampaknya calon MPV Kia bakal cocok bersaing di segmen Low MPV Tanah Air.

Meskipun secara dimensi kabarnya akan tergolong besar, mungkin seukuran Xpander. Adapun di India, calon MPV ini kabarnya memiliki ukuran yang serupa dengan Mahindra Marazzo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.