Apa Kelebihan Bus dengan Pintu Tengah?

Kompas.com - 16/12/2020, 18:01 WIB
Bus akap Karoseri LaksanaBus akap

JAKARTA, KOMPAS.comBus besar yang beredar di Indonesia memiliki dua pintu untuk akses penumpang, baik di bagian depan atau belakang. Namun ada juga untuk bus dengan tenaga yang besar, pintu belakang di pindah ke tengah bodi.

Bus dengan tenaga di atas 300 TK ini memiliki radiator yang besar pula, sehingga pintu harus dipindah ke tengah. Kemudian untuk bus dengan sasis di bawah itu, biasanya posisi pintu ada di belakang roda, namun bisa meminta dibuatkan pintu tengah.

Biasanya ada PO tertentu yang memilih untuk memakai bus besar dengan posisi pintu di tengah. Misalnya seperti PO Rosalia Indah dan PO White Horse.

Baca juga: Tidak Perlu ke Bengkel, Ini Tips Mudah Merawat Mobil Sendiri

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, memang sebenarnya semua sasis bisa dibuat pintu tengah. Pertimbangan untuk memilih bus dengan pintu tengah untuk memaksimalkan kapasitas kursinya.

“Jika pakai pintu tengah, biasanya penempatan toilet lebih menghemat tempat. Toilet di tengah hanya memotong dua kursi, sedangkan kalau belakang, memakan empat tempat duduk,” ucap Werry kepada Kompas.com, Rabu (15/12/2020).

Dengan kursi yang lebih banyak tersebut, kapastias angkut bus tentu turut meningkat. Selain itu, tampilan pintu di tengah juga membuat bus terlihat premium karena tidak umum penempatan pintunya.

Bus AKAP PO BorlindoGerry Adrian/New Armada Jatibaru Bus AKAP PO Borlindo

Namun ada konsekuensi dari memakai model bus dengan pintu di tengah ini. Luasnya bagasi sedikit berkurang, jika biasanya bisa ada tiga pintu untuk bagasi, berubah menjadi tinggal dua.

Pintu yang di tengah memang ruang bagasi jadi berkurang. Ada juga pintu di belakang roda tapi itu untuk akses perbaikan atau perawatan berkala,” ucap Werry.

Walaupun hanya memiliki dua pintu bagasi di sisi kiri, pada sisi kanan jumlah pintu bagasinya tetap tiga. Namun bagasi yang tembus hanya pintu pertama dan ke dua saja. Pintu bagasi ke tiga dari sisi kanan tidak tembus ke sisi kiri.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.