Pasar Ban Motor di Masa Pandemi Covid-19 Ikut Menurun

Kompas.com - 16/12/2020, 16:41 WIB
Progresif TWI pada ban FDR KOMPAS.com/GilangProgresif TWI pada ban FDR

JAKARTA, KOMPAS.comPandemi Covid-19 di Indonesia terhitung dimulai sejak Maret 2020. Sejak saat itu, dilakukan beberapa pembatasan gerak masyarakat, sehingga banyak sektor perekonomian menurun, termasuk otomotif.

Salah satu yang kena imbas pandemi Covid-19 yaitu penjualan ban motor. Selama pandemi Covid-19 mulai di Indonesia, penjualan ban motor ikut turun karena segala pergerakan masyarakat yang dibatasi.

FDR Domestic & Overseas Sales Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI), Rinaldi mengatakan, sekitar bulan Maret sampai April memang mengalami penurunan yang cukup tajam, namun selanjutnya mulai berangsur membaik.

Baca juga: Diskon Xpander Cross Rp 8 Juta, Cicilan Rp 3 Jutaan

Ragam ban motor yang dapat digunakan pengendaraFachri Fachrudin Ragam ban motor yang dapat digunakan pengendara

“Mulai Q3 sampai Q4 trennya sudah berangsur membaik dibanding Q2. Namun kita akui kalau daya beli masyarakat masih belum kembali normal seperti penjualan tahun 2019,” ucap Rinaldi kepada Kompas.com, Rabu (16/12/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk pengendara motor, selepas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ketat, mereka sudah kembali beraktivitas dengan normal, sehingga memengaruhi ke penjualan ban motor. Namun perlu diingat kalau daya belinya belum membaik.

“Daya beli menurun tentunya berpengaruh ke pilihan ban yang ingin dibeli. Dia belinya pasti cari yang harganya lebih murah, mementingkan fungsionalnya,” kata Rinaldi.

Baca juga: Bus Sleeper Pertama Buatan Adiputro, Namanya Dream Coach

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ban sepeda motor FDR (@fdrtire)

 

Rinaldi juga mengatakan, ditambah akan adanya vaksin Covid-19, dirinya optimis akan lebih baik lagi di tahun 2021. Kemudian untuk menarik pembeli dan mengapresiasi konsumen setia ban FDR, diadakan undian Rezeki FDR 2020.

“Kita memberikan 54 unit Honda Genio CBS ISS untuk 54 konsumen beruntung di Indonesia. Programnya ini sebenarnya berjalan dari Maret sampai Agustus 2020. Cuma karena ada PSBB, kita perpanjang sampai Oktober 2020,” ucapnya.

Pengundian pemenang program ini sudah dilakukan pada 19 November 2020. Selanjutnya penyerahan langsung hadiah motor kepada para pemenang dilakukan oleh 24 main dealer FDR se-Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.