Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Sleeper Pertama Buatan Adiputro, Namanya Dream Coach

Kompas.com - 15/12/2020, 19:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah sebelumnya beredar foto bus misterius yang masih dalam proses pembuatan di karoseri, hari ini tersebar video bus tersebut sudah selesai. Sesuai dengan bocoran awal, bus Sleeper pertama buatan Adiputro ini milik PO Pandawa 87.

Video bus sleeper yang baru selesai dibuat ini direkam oleh Mochamad Givan Alfarizi, anak dari pemilik PO Pandawa 87. Untuk penaman bus tingkat buatan Adputro ini disebut Jetbus 3+ Dream Coach.

Kemudian untuk liverynya, memakai warna biru khas dari PO Pandawa 87, sedangkan bagian depan dan belakangnya sama seperti Jetbus 3+ Voyager pada umumnya. Perbedaan paling signifikan bisa dilihat dari sisi sampingnya.

Baca juga: Kerap Jadi Masalah di Tol, Penertiban Truk ODOL Bakal Diperketat

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

Pertama ada model selendang yang baru, kemudian memanjang sampai sisi belakang dengan aksen berwarna silver. Penamaan Dream Coach juga ditulis pada selendang yang tipis ini, membelah kaca atas dan bawah.

Kemudian dari sisi samping, bisa terlihat tulisan Mercedes Benz OH 1626 Sleeper, sesuai dengan sasis yang digunakan bus ini. Selain itu bentuk bagasinya juga lebih pendek, karena biasanya bus kelas ini memiliki dek yang lebih rendah dari biasanya.

Beralih ke bagian kabin, ada 22 sleeper seat yang disusun bertingkat dengan sekat yang memisahkan setiap penumpangnya. Kursinya sendiri buatan Aldila Seat dengan fitur pijat untuk sandaran belakangnya.

Bus PO Pandawa 87Givan Pandawa 87 Bus PO Pandawa 87

Selain itu di kabin setiap penumpangnya ada Android TV layar sentuh dan bluetooth serta toilet. Begitu juga di kabinnya ada air purifier, UV Protection dan Hepa filter.

"Nantinya bus ini untuk garasi yang di Karawang, Jawa Barat. Totalnya ada dua bus sleeper," ucap Givan kepada Kompas.com, Selasa (15/12/2020).

Sebelumnya PO Pandawa 87 sudah memiliki 4 unit Legacy SR2 Suites Class buatan karoseri Laksana sebagai armada bus pariwisata. Padahal PO Pandawa ini terkenal setia memakai produk bus buatan karoseri Adiputro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com