Kenali Jenis-jenis Keausan pada Ban Mobil

Kompas.com - 13/12/2020, 09:42 WIB
Ilustrasi ban mobil KOMPAS.com/RulyIlustrasi ban mobil

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu faktor yang menentukan ban masih layak pakai, yakni lewat keausan. Berdasarkan kondisi tersebut, ternyata juga bisa mengidentifikasi penyakit mobil.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tungga Tbk Zulpata Zainal mengatakan, setidaknya ada lima masalah yang bisa diketahui lewat keausan ban.

Baca juga: Alasan Mengapa Bus Jadul Bentuknya Mirip Walau Beda Karoseri

1. Aus pada tepi atau tengah tapak.

Jenis keausan pada bagian ini menandakan tekanan ban tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Bila pemakaian ban sering menggunakan tekanan rendah, bagian tepi (sisi luar tapak) akan aus lebih dulu.

“Jika tekanan ban terlalu tinggi maka yang aus pada bagian tengah tapak,” ujar Zulpata saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/12/2020).

Ciri-ciri keausan ban tergantung tekanan ban.wintertyres-yorkshire.co.uk Ciri-ciri keausan ban tergantung tekanan ban.

2. Aus pada ban sebelah dalam atau luar.

“Penyebab keausan ini akibatkan kelurusan roda yang kurang sempurna. Bisa dipengaruhi gaya berkendara, misalnya belok berlebihan,” kata Zulpata.

Selain itu, deformasi atau kelonggaran berlebihan pada suspensi juga mengakibatkan keausan ban tidak normal.

Faktor lain yang menyebabkan sebelah ban lebih cepat aus ketimbang lainnya karena sudut camber. Pada camber negatif keausan ban sebelah dalam akan lebih cepat, begitu juga dengan sebaliknya.

3. Aus berbulu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X