Lorenzo Sudah Tak Punya Gairah Balap Lagi

Kompas.com - 13/12/2020, 09:22 WIB
Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, berada di paddock Sirkuit Americas, Austin, pada sesi latihan bebas kedua GP Americas, Jumat (10/4/2015). CRASH.NETPebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, berada di paddock Sirkuit Americas, Austin, pada sesi latihan bebas kedua GP Americas, Jumat (10/4/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada awal tahun, Yamaha dengan bangga mengumumkan telah mengontrak Jorge Lorenzo sebagai test driver. Namun sayangnya, kolaborasi tersebut hanya berlangsung kurang dari setahun.

Lorenzo terhitung hanya dua kali mengetes motor Yamaha YZR-M1 lantaran keterbatasan karena pandemi Covid-19, yakni di Sirkuit Sepang (Malaysia) dan Patimao (Portugal).

Pebalap asal Spanyol itu disebut gagal memenuhi ekspektasi Yamaha, setelah mendapat catatan waktu lebih lambat sekitar 4 detik dari Aleix Espargaro saat balapan di Sirkuit Partimao.

Baca juga: Quartararo Gagal Raih Juara Dunia, Ini Kata Marquez

Yamaha akhirnya memutuskan untuk tidak memakai Jorge Lorenzo sebagai test rider, dan menggantikannya dengan Cal Crutchlow.

Berkaca dari apa yang terjadi, manajer Ducati Gigi Dall’Igana mengatakan, Lorenzo sudah tidak memiliki gairah balap seperti dulu.

Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, PortugalYamaha MotoGP Jorge Lorenzo saat sesi tes di Sirkuit Portimao, Portugal

“Saya pikir dia (Lorenzo) tidak mau balapan lagi. Coba saja berikan dia motor apapun, hasilnya tetap akan lambat. Itu karena dia sudah kekurangan gairah dan semangat untuk melakukan apapun yang dibutuhkan agar bisa balapan dengan cepat,” ujar Dall’Igana dikutip dari Gpone, Sabtu (12/12/2020).

Baca juga: SKY Racing Team VR46 Pamer Livery untuk MotoGP dan Moto2

“Menjadi pebalap itu adalah pekerjaan yang rumit. Butuh sikap mental yang tepat untuk bisa menghadapi kesulitan yang akan ditemui sepanjang musim. Sebab, seorang pebalap tidak akan bisa dipisahkan dengan isi kepala dan hasrat yang dipunya,” kata dia.

Jorge Lorenzo memutuskan pensiun dari MotoGP sejak 2019 silam, dirinya juga pernah mengatakan tidak tertarik lagi untuk comeback di MotoGP. Namun ia sempat mendapat wildcard untuk tampil di MotoGP 2020, meski pada akhirnya tidak terlaksa akibat pandemi Covid-19.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X