Benarkah Ganti Kampas Kopling Mobil Manual Harus Satu Set?

Kompas.com - 22/11/2020, 15:42 WIB
Suasana di bengkel Auto2000 di Depok pada Kamis (21/12/2017). Jelang libur akhir tahun, banyak pemilik mobil yang mengecek kendaraannya ke bengkel untuk persiapan digunakan ke luar kota. KompasOtomotif/Alsadad RudiSuasana di bengkel Auto2000 di Depok pada Kamis (21/12/2017). Jelang libur akhir tahun, banyak pemilik mobil yang mengecek kendaraannya ke bengkel untuk persiapan digunakan ke luar kota.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Komponen mobil mempunyai batas usia pemakaian yang terbatas. Jika sudah menunjukkan tanda-tanda rusak atau tidak bekerja dengan baik, sebaiknya segera dilakukan penggantian, misalnya perangkat kampas kopling.

Komponen yang bertugas membantu saat perpindahan tenaga dari mesin ke penggerak roda ini cukup vital.

Ketika perangkat ini sudah aus maka penyaluran tenaga pun tidak bisa maksimal. Kondisi ini tentunya berdampak juga pada tenaga kendaraan serta konsumsi bahan bakar.

Saat melakukan penggantian kampas kopling ini, benarkah harus satu set dengan covernya?

Baca juga: Mobil Bekas Rp 60 Jutaan di Balai Lelang, Ada Xenia, Avanza, dan BMW

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan, kampas kopling mempunyai batas usia rata-rata 80.000 kilometer. Akan tetapi, lama masa pemakaian tersebut juga bergantung cara berkendara.

“Rata-rata usia kampas kopling 80.000 kilometer, tapi bisa juga sebelum itu sudah aus dan harus dilakukan penggantian,” kata Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Suparna juga mengatakan, ketika kampas sudah aus dan harus melakukan penggantian sebaiknya satu set dengan cover koplingnya.

satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan.Ghulam/Otomania satu set perangkat kopling yang sudah mengalami kerusakan.

Menurutnya, kampas dan cover koplingnya merupakan satu paket dengan usia pemakaian yang sama.

Sehingga, jika komponen yang berbentuk piringan itu sudah aus maka sebaiknya juga mengganti covernya.

“Jika satu bagian saja yang diganti maka akan berdampak pada komponen tersebut dan tingkat keawetan juga akan berkurang,” ujarnya.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Harga Rp 40 Jutaan di Balai Lelang, Ada Jazz, Avanza, sampai City

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X