Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Coms, Mobil Listrik 1 Penumpang Bakal Hadir Tahun Depan di Bali

Kompas.com - 22/11/2020, 07:24 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan bahwa akan menghadirkan mobil listrik murni berbasis baterai alias battery electric vehicle (BEV) ke pasar dalam negeri mulai tahun depan.

Melalui dua pendekatan, pabrikan asal Jepang tersebut tidak hanya menjual tekologinya. Tapi juga membangun konsep EV Ecotourism guna mendorong ekosistem elektrifikasi lebih luas yang berkerja sama dengan ITDC Nusa Dua, Bali.

Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmy Suwandi menyatakan, langkah tersebut diambil supaya semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa merasakan kendaraan listrik atau ramah lingkungan. Sehingga, proses edukasi elektrifikasi merata.

Baca juga: Kata BPJT Soal Protes Tarif Terintegarasi Tol Japek

Rencana Kendaraan Listrik Toyota di Indonesia oleh Marketing Director TAM Kazunori Minamide, Rabu (18/11/2020).KOMPAS.com/Ruly Rencana Kendaraan Listrik Toyota di Indonesia oleh Marketing Director TAM Kazunori Minamide, Rabu (18/11/2020).

"Kemudian untuk Bali Project, salah satu mobil ramah lingkungan yang disiapkan Toyota Coms. Konsepnya mobility-sharing," kata dia belum lama ini.

"Nanti di sana terdapat layanan mobilitas yang terintegasi bagi semua masyarakat. Tujuan besarnya, selain memberikan edukasi dan experience EV yang lengkap, kami ingin memberikan sebuah layanan transportasi di salah satu area pariwisata dengan pendekatan ramah lingkungan," lanjut Anton.

Toyota Coms atau T-Coms sendiri merupakan mobil listrik mungil single-seater alias berkapasitas 1 orang yang diproduksi Toyota Auto Body di Jepang.

Konsepnya ditunjukkan sebagai alat transportasi dengan jarak terbatas jadi cocok digunakan pada kawasan tertentu.

Baca juga: Lexus UX 300e, Calon Mobil Listrik Perdana Toyota Indonesia

Coms digerakkan oleh motor listrik tunggal yang terletak di roda belakangnya. Motor listrik tersebut sanggup menghasilkan daya 6,8 PS dan torsi maksimum 40 Nm dengan kecepatan rata-rata 60 kpj.

Tapi patut diperhatikan, dalam keadaan baterai penuh, dimana durasi pengisiannya sekitar 6-7 jam (0-100 persen), mobil hanya bisa menempuh jarak sekitar 50 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com