Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suku Cadang Toyota yang Kerap Dicari Imitasinya

Kompas.com - 23/07/2024, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan merek suku cadang baru, T-OPT. Tujuannya adalah jadi alternatif suku cadang asli Toyota yang bisa ditemui di bengkel selain bengkel resmi.

Biasanya orang yang beli atau ganti suku cadang di bengkel non resmi punya tujuan untuk cari alternatif yang lebih murah. Ada beberapa komponen di mobil Toyota yang sering diminta produk alternatifnya, mengganti yang asli.

Apin, salah satu pemilik bengkel suku cadang Toyota di Jakarta, mengatakan, satu yang paling sering dicari alternatif adalah kampas rem.

Baca juga: Cara Sederhana Membedakan Suku Cadang Toyota yang Asli dan Palsu

Opsi suku cadang asli dari Toyota yang lebih ekonomis, T-OPTKompas.com/Fathan Opsi suku cadang asli dari Toyota yang lebih ekonomis, T-OPT

"Banyak yang minta alternatif kampas rem, saat dikasih pilihan sparepart yang orisinal Toyota," ucap Apin kepada Kompas.com, Sabtu (20/7/2024).

Pertimbangannya adalah harga suku cadang asli Toyota masih mahal, tidak sesuai kantung. Makanya, kampas rem jadi salah satu komponen awal yang disediakan T-OPT, harganya lebih murah dari orisinal, tapi kualitasnya dijamin Toyota.

Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM mengatakan, komponen dari T-OPT punya harga yang lebih murah, selisihnya bisa sampai Rp 200.000.

Baca juga: Impresi Berkendara Royal Enfield Himalayan 450 di Off-road dan Aspal


"Rush misal, kampasnya dari Rp 182.000-Rp 270.000 depan dan belakang. Jadi harganya Rp 100.000-Rp 200.000, saya rasa sangat kompetitif di pasar. Ini banyak dicari masyarakat," kata Anton.

Harapannya, konsumen Toyota bisa mendapatkan suku cadang dengan kualitas yang dijamin Toyota tapi harganya lebih murah. Jadi ada banyak pilihan di pasar, mau yang Genuine atau yang T-OPT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau