Tingkatkan Pelayanan, Fasilitas Bayar Pajak Kendaraan di Mal Ditambah

Kompas.com - 20/11/2020, 11:41 WIB
Bayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019 KOMPAS.com / Aditya MaulanaBayar Pajak Kendaraan di Telkomsel IIMS 2019
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pembina Samsat DKI Jakarta berupaya untuk mengurai kerumunan massa saat pembayaran pajak kendaraan di kantor Samsat induk.

Salah satunya adalah dengan menambah pelayanan pembayaran pajak kendaraan di gerai Samsat di pusat-pusat keramaian.

Terbaru adalah pembukaan gerai Samsat di AEON Mall Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur tepatnya di lantai basement 1 area C.

Dengan adanya pelayanan ini, para pemilik kendaraan sudah bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan di AEON Mall.

Baca juga: Catat, Ini Daftar 17 Provinsi yang Bebaskan Denda Pajak Kendaraan

Kepala Bidang Pendapatan Pajak II Bidang PKB BBNKB Carto mengatakan, tim pembina Samsat DKI Jakarta yang meliputi Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD), Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, PT Jasa Raharja cabang DKI Jakarta serta Bank DKI berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan pajak kendaraan bermotor.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Humas Bapenda Jakarta (@humaspajakjakarta)

“Di gerai Samsat ini pelayanan pajak tahunan kendaraan bermotor tidak hanya untuk wilayah Jakarta Timur, namun juga untuk seluruh wilayah Jadetabek melalui layanan Samsat Online 3 Provinsi di wilayah hukum Polda Metro Jaya (DKI Jakarta, Jabar dan Banten),” katanya melalui rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (19/11/2020).

Carto menambahkan, keberadaan gerai Samsat ini menjadi upaya dalam meningkatkan pelayanan guna memberikan kemudahan pembayaran pajak tahunan kendaraan bermotor.

“Dengan begitu maka pemilik kendaraan di sekitar Cakung tidak perlu datang ke kantor Samsat Jakarta Timur untuk membayar pajak, tetapi cukup ke AEON Mall Jakarta Garden City,” tuturnya.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Lima Tahunan Bisa Diwakilkan, Ini Syaratnya

Carto mengatakan, dengan adanya pembukaan Gerai Samsat di AEON Mall Jakarta Garden City ini juga menjadi salah satu upaya dari Tim Pembina Samsat DKI Jakarta dalam mentransformasi pelayanan di masa pandemi Covid-19.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Humas Bapenda Jakarta (@humaspajakjakarta)

“Yakni dengan mengurangi jumlah antrean di Samsat Induk, hal ini juga mendukung adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19 dengan mengurangi jumlah antrian di Samsat Induk,” katanya.

Meski demikian, semua wajib pajak terakomodasi dengan baik untuk dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan tahunannya dengan mudah, aman, serta nyaman.

Baca juga: Blokir STNK yang Mati 2 Tahun Segera Diberlakukan

Dengan adanya penambahan gerai Samsat ini bisa menjadi solusi bagi pemerataan pelayanan yang terjangkau oleh seluruh wajib pajak, termasuk dalam upaya mengurangi kesulitan jarak tempuh warga yang terlalu jauh ke kantor Samsat Jakarta Timur.

“Saat ini jumlah gerai Samsat yang bisa dimanfaatkan untuk pembayaran pajak kendaraan total sebanyak 16 lokasi,” ucapnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X